Hasil survei Katadata Insight Center (KIC) “Katadata Consumer Survey on Sustainability” menunjukkan makanan menjadi barang ramah lingkungan yang paling banyak dibeli. Sebanyak 56,7% responden mengakui membeli makanan sebagai produk ramah lingkungan dalam satu tahun terakhir.
(Baca: 5 Alasan Konsumen Belanja Produk Ramah Lingkungan)
Barang ramah lingkungan lainnya yang banyak dibeli di antaranya, 47,8% dari produk rumah tangga, 37,4% pakaian, dan 30,6% kesehatan dan kosmetik. Kemudian sebanyak 19,2% dari produk elektronik dan 8,3% kendaraan.
Sebagian besar responden memiliki kesadaran mengenai pentingnya kelestarian lingkungan dengan menggunakan produk ramah lingkungan. Sebanyak 62,9% pernah membeli produk berkelanjutan atau ramah lingkungan selama satu tahun terakhir. Sementara itu, responden yang mengaku tidak pernah membeli barang ramah lingkungan hanya 37,1%.
Alasan tertinggi mengapa responden memilih produk ramah lingkungan karena ingin melestarikan bumi (60,5%) dan puas menggunakan produk ramah lingkungan (51,1%).
Survei KIC dilakukan terhadap 3.631 konsumen yang mengambil keputusan dalam pembelian produk atau berbelanja. Survei dilakukan secara online pada responden berusia berusia 17-60 tahun, pada 30 Juli - 1 Agustus 2021 yang mencakup hampir seluruh wilayah Indonesia.