Produk ramah lingkungan kini menjadi mulai banyak diminati oleh masyarakat. Hasil survei Katadata Insight Center (KIC) “Katadata Consumer Survey on Sustainability” menunjukkan sebanyak 60,5% konsumen membeli produk berkelanjutan atau ramah lingkungan karena ingin melestarikan bumi. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen di nusantara memiliki kesadaran mengenai pentingnya kelestarian lingkungan.
Sementara itu, sebanyak 51,1% responden mengakui bahwa mereka memilih produk ramah lingkungan karena suka dan puas dalam menggunakan produk ramah lingkungan. Alasan selanjutnya, sebanyak 41,3% responden menilai bahwa dapat memberikan citra yang baik dan positif jika membeli produk berkelanjutan/ramah lingkungan.
Kemudian sebanyak 23,7% responden menjawab dalam membeli tidak direncanakan di supermarket. Selain itu, sebanyak 20,4% responden membeli karena merek atau perusahaan yang disukai kebetulan memiliki produk berkelanjutan/ramah lingkungan.
Sebagai informasi, mayoritas responden pernah membeli produk berkelanjutan atau ramah lingkungan. Rinciannya sebanyak 62,9% pernah dan 37,1% tidak pernah membeli produk berkelanjutan.
Survei KIC dilakukan terhadap 3.631 konsumen yang mengambil keputusan dalam pembelian produk atau berbelanja. Survei dilakukan secara online pada responden berusia berusia 17-60 tahun, pada 30 Juli - 1 Agustus 2021 yang mencakup hampir seluruh wilayah Indonesia.