Membeli baju baru menjelang Lebaran merupakan kebiasaan yang sudah mengakar di Indonesia sejak lama.
Yang agak berbeda, kini tradisi belanja Lebaran juga banyak dilakukan secara online di lokapasar atau e-commerce.
Menurut hasil survei JakPat, aktivitas belanja online meningkat pada pekan ketiga bulan Ramadan 2022.
Produk yang paling banyak dibeli responden saat belanja online adalah pakaian, dengan persentase 38% pada pekan ketiga Ramadan.
Persentase tersebut naik dibandingkan pada pekan pertama Ramadan yang masih 28% dan pekan kedua 33%, seperti terlihat pada grafik.
Kemudian sebanyak 21% responden membeli pakaian muslim saat pekan ketiga Ramadan, naik dari pekan pertama dan kedua yang persentasenya sama-sama 20%.
Produk lain yang banyak dibeli adalah produk perawatan tubuh, perawatan kulit, dan sepatu dengan persentase masing-masing 19%.
Responden yang membeli ketiga produk tersebut pada pekan ketiga Ramadan tercatat naik, kecuali produk perawatan kulit yang turun dari pekan pertama 20% dan pekan kedua 23%.
Adapun mayoritas atau 63% responden menghabiskan kurang dari Rp500.000 untuk belanja online saat pekan ketiga Ramadan.
Rinciannya, 35% responden menghabiskan kurang dari Rp300.000 dan 28% responden menghabiskan Rp300.000 hingga Rp500.000.
Survei ini dilakukan pada 19-21 April 2022 dengan melibatkan 1.042 responden beragama Islam. Margin of error dalam survei ini berada di bawah 3%.
(Baca Juga: Ini Prioritas Pengeluaran Warga di Minggu Pertama Gajian)