Besarnya konsumen produk halal dapat menumbuhkan potensi industri halal di dunia. Industri halal terbagi menjadi beberapa sektor yaitu makanan minuman, fesyen, farmasi, kosmetik, pariwisata, dan media/rekreasi.
Menurut laporan Indonesia Halal Markets 2021/2022, penduduk muslim dunia menghabiskan US$ 1,9 triliun pada 2020 untuk berbagai produk gaya hidup seperti makanan minuman, fesyen, rekreasi, dan pariwisata.
Dilihat dari masing-masing sektor, pengeluaran penduduk muslim dunia untuk sektor makanan dan minuman menjadi yang tertinggi dibandingkan sektor lain. Pengeluaran untuk sektor ini mencapai US$ 1.185 miliar pada 2020 dan diprediksi naik hingga US$ 1.668 miliar pada 2025.
Selanjutnya, pengeluaran di sektor fesyen tercatat sebesar US$ 279 miliar. Jumlah ini diproyeksikan naik menjadi US$ 375 miliar pada 2025.
Sementara, pengeluaran di sektor pariwisata menjadi yang terendah yakni US$ 58 miliar. Pengeluaran untuk sektor ini juga diproyeksi meningkat menjadi US$ 93 triliun pada 2025.
(Baca Selengkapnya: Skor Indeks Makanan Halal Indonesia Peringkat 4 di Dunia)