Hasil survei Populix menunjukkan, media sosial merupakan sumber informasi utama bagi kebanyakan anak muda dalam mengenal sosok calon presiden (capres) Pemilu 2024.
Proporsi responden anak muda yang berpandangan demikian mencapai 28%.
Ada pula responden anak muda yang mengandalkan liputan media massa untuk mengenal para kandidat (16%), dari diskusi panel atau debat (13%), dan survei opini publik (9%).
Responden lainnya mengandalkan percakapan dari teman/keluarga (8%) dan diskusi forum online (8%).
Sementara, yang mengenal capres dari spanduk/poster di jalan, situs kampanye kandidat, billboard, serta buku dan artikel proporsinya lebih rendah seperti terlihat pada grafik.
Survei ini dilakukan Populix pada 31 Agustus-12 September 2023 melalui pendekatan kuantitatif dan kualitatif.
Pendekatan kualitatif dilakukan melalui mini forum group discussion (FGD) online yang melibatkan milenial dan generasi Z berusia minimal 17 tahun di kota besar dan kecil.
Lalu pendekatan kuantitatif dilakukan melalui survei online via aplikasi Populix, dengan 1.000 responden laki-laki dan perempuan berusia 17-39 tahun.
(Baca: Survei Praxis: Debat Terbuka Sangat Pengaruhi Mahasiswa dalam Memilih Capres)