Berdasarkan survei Jakpat, mengisi waktu luang dan hiburan merupakan motivasi Utama pemain gim (gamers) di Indonesia main gim pada 2025.
Persentase untuk dua hal tersebut mencapai lebih dari 80%. Adapun motivasi berikutnya yang tergolong tinggi adalah menghilangkan stres.
(Baca: 5 Faktor yang Mengganggu Kualitas Tidur Masyarakat Global)
Berikut rincian motivasi gamers Indonesia main gim, menurut survei Jakpat pada 2025:
- Mengisi waktu luang: 82%
- Hiburan: 82%
- Menghilangkan stres: 60%
- Meningkatkan fokus: 40%
- Menantang diri sendiri: 36%
- Bersosialisasi: 21%
- Menghasilkan uang: 20%.
Berdasarkan jenis kelamin, gamers laki-laki yang termotivasi main gim untuk mengisi waktu luang dan hiburan masing-masing mencapai 81% dan 80%.
Sementara, gamers perempuan yang termotivasi main gim karena dua hal tersebut persentasenya masing-masing 84%.
Adapun gamers laki-laki yang termotivasi main gim untuk menghasilkan uang sebesar 21%, sedangkan gamers perempuan 18%.
Survei dilakukan secara daring pada 3-4 September 2025 dan melibatkan 590 gamers Indonesia berusia antara 15 tahun sampai 44 tahun. Tingkat kesalahan atau margin of error survei di bawah 5%.
(Baca: Daftar Online Game Paling Populer di Indonesia pada 2025)