Sebagian besar Generasi Z atau Gen Z Indonesia menyukai konten berita olahraga.
Hal ini terlihat dari laporan Survei Penetrasi Internet Indonesia 2024 yang dirilis Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).
(Baca: 10 Jenis Konten Video Favorit Gen Z Global)
Menurut laporan tersebut, mayoritas atau 41,36% Gen Z dalam negeri sering mengakses berita olahraga di internet.
Jenis berita lain yang peminatnya cukup banyak adalah politik/sosial/hukum/HAM dengan proporsi 33,40%, serta infotainment/gosip 31,42%.
Sementara berita dengan tema ekonomi/keuangan/bisnis, pendidikan/ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), budaya/pariwisata, kesehatan, dan mancanegara lebih jarang diminati Gen Z seperti terlihat pada grafik.
APJII menggelar survei ini pada Desember 2023-Januari 2024, dengan melibatkan total responden 8.720 orang yang dipilih secara acak dan proporsional dari 38 provinsi Indonesia.
Gen Z dalam survei ini adalah responden yang lahir antara tahun 1997-2012, atau berusia 12-27 tahun saat survei digelar. Proporsinya mencapai 31,4% dari total responden.
Survei ini menggunakan metode wawancara tatap muka dengan toleransi kesalahan survei (margin of error) +/-1,1%.
(Baca: 10 Jenis Akun Media Sosial Favorit Gen Z Global)