Hasil jajak pendapat NielsenIQ (NIQ) mengungkap persepsi konsumen di sejumlah negara terkait kondisi finansialnya.
Sebanyak 38,4% responden Indonesia mengaku kondisi finansialnya lebih baik. Ini menempatkan Indonesia di posisi pertama dari 22 negara yang disurvei.
Proporsi itu juga lebih tinggi dari nilai rerata global yang sebesar -2,6%.
Dengan kondisi yang serupa, India menempati urutan kedua sebesar 33,7%. Disusul Arab Saudi sebesar 27,7% di posisi ketiga.
Urutan empat dan lima ditempati oleh Mesir (18,5%) dan Meksiko (13,5%).
Selanjutnya ada China (10,7%), Afrika Selatan (9,2%); Brasil (8,7%); dan Kolombia (7,8%) dalam daftar negara yang menganggap kondisi finansialnya masih lebih baik daripada buruk.
Melansir Kompas.com, meskipun optimistis terhadap kondisi perekonomian, kepercayaan diri konsumen Indonesia sebenarnya menunjukkan penurunan.
"Hal ini menunjukkan bahwa meskipun ada tantangan, banyak konsumen Indonesia yang masih melihat prospek positif untuk ekonomi domestik," kata Dena Firmayuansyah, FMCG Commercial Leader, NIQ Indonesia melalui keterangan pers, Jumat (18/10/2024).
(Baca juga: Kekhawatiran Konsumen RI Menghadapi 2025, Mayoritas soal Ekonomi)