Berdasarkan survei Mastercard-CresentRating yang bertajuk Global Muslim Travel Index 2017, Indonesia berada di urutan ketiga dari 130 destinasi pasar travel muslim di dunia. Indonesia berada di peringat ketiga dengan skor 72,6 berada di bawah Malaysia (82,5) dan Uni Emirat Arab (76,9).
Pada 2017, Indonesia berhasil menggeser Turki ke posisi keempat dari tahun sebelumnya berada di urutan ketiga. Hasil ini menunjukkan keberadaannya Indonesia dalam sektor pariwisata dunia, terutama sebagai negara yang ramah terhadap wisatawan muslim.
Penilaian skor Mastercard-CresentRating Global Muslim Travel Index 2017 berdasarkan empat kriteria strategis yaitu, akses, lingkungan, komunikasi, dan layanan. Malaysia memang masih menjadi yang terbaik, tapi Indonesia juga menunjukkan perbaikan. Destinasi wisata domestik sudah memiliki infrastruktur pangsa pasar wisata halal seperti makanan halal dan pembangunan masjid atau mushola hampir di seluruh wilayah Nusantara.