Forbes kembali merilis daftar bank terbaik yang berlokasi di Indonesia pada 2024. Deretan bank pelat merah dan swasta, baik bank konvensional maupun bank digital, masuk ke dalam daftar ini.
Dalam pemeringkatannya, Forbes tidak merinci besaran skor, melainkan hanya jumlah karyawan yang dimiliki setiap bank.
Menurut jumlah karyawannya, posisi puncak dihuni oleh HSBC Holding. Bank swasta yang berkantor pusat di Birmingham, Inggris, itu memiliki karyawan sebanyak 226.059 orang secara global.
Posisinya diikuti oleh BRI yang memiliki 77.739 orang karyawan dan DBS dengan 40.000 orang karyawan.
Sebagai catatan, total pekerja sejumlah bank yang berasal dari luar Indonesia dihitung secara menyeluruh, tak hanya pekerja yang berada di Indonesia saja.
Berikut daftar lengkap 10 bank terbaik di Indonesia 2024 menurut Forbes, diurutkan berdasarkan jumlah karyawannya:
- HSBC Holdings: 226.059 orang
- BRI: 77.739 orang
- DBS: 40.000 orang
- Bank Mandiri: 37.448 orang
- BNI: 27.202 orang
- United Overseas Bank: 25.075 orang
- BCA: 24.603 orang
- Bank BTPN: 19.370 orang
- CIMB Niaga: 12.064 orang
- Bank Permata: 7.750 orang
Namun, berdasarkan penilaian kinerja banknya, BCA menempati posisi puncak. Posisinya diikuti Bank Mandiri, Sea Bank, hingga DBS. Berikut daftar 10 bank terbaik yang ada di Indonesia 2024:
- BCA - Indonesia
- Bank Mandiri - Indonesia
- Sea Bank - Indonesia
- Jago - Indonesia
- Raya Bank - Indonesia
- BNI - Indonesia
- United Overseas Bank (UOB) - (asal Singapura)
- Bank Permata - Indonesia
- CIMB Niaga - Indonesia
- DBS - (asal Singapura)
Pemeringkatan bank terbaik ini merupakan kolaborasi Forbes dengan Statista melalui survei terhadap lebih dari 49 ribu responden di 33 negara, termasuk Indonesia.
Penilaian juga berdasarkan sejumlah indikator, seperti kepercayaan nasabah, syarat dan ketentuan bank, layanan pelanggan, layanan digital, hingga kualitas penasihat keuangan.
Hasilnya, pada tahun ini terdapat 403 bank di seluruh dunia yang masuk dalam daftar bank terbaik atau World’s Best Banks 2024.
CEO Cogito Finance Cloris Chen mengatakan, nasabah membutuhkan kepercayaan terhadap stabilitas keuangan bank serta keamanan uang mereka.
"Kepercayaan dan keamanan, bersama dengan inovasi teknologi, adalah tiga faktor terpenting yang menjadikan bank yang baik untuk semua nasabah. Terlepas dari apakah mereka korporat atau ritel, internasional atau lokal,” kata Cloris kepada Forbes, Selasa (16/4/2024).
Disclaimer: artikel ini telah dikoreksi pada data dan badan tulisan, Selasa (12/11/2024) pukul 10.20 WIB. Semula tertulis BRI memiliki karyawan sebanyak 3.500 orang menjadi 77.739 orang.
(Baca: BCA Jadi Merek Perbankan Terkuat di Dunia pada 2024)