Layanan aplikasi BCA Mobile mengalami gangguan pada Senin (1/8/2022). Sejumlah nasabah PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menuliskan keluhannya di media sosial. Dengan demikian 20,8 juta pengguna BCA Mobile tidak dapat bertransaksi finansial pada hari tersebut.
Executive Vice President Secretariat and Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn membenarkan bahwa terjadi kendala pada layanan BCA mobile banking pada hari Senin (1/8/2022). Untuk itu, BCA berupaya melakukan proses pemulihan dan perbaikan.
“Sehubungan dengan adanya kendala pada BCA mobile pada Senin (1/8/2022), kami memohon maaf atas kendala dan ketidakyamanan yang terjadi. Dapat kami sampaikan bahwa BCA telah berupaya semaksimal dan secepat mungkin melakukan proses pemulihan dan perbaikan,” ujar Hera seperti yang dilansir Katadata.co.id, Senin (1/8/2022).
Sebagai informasi, komposisi volume transaksi BCA Mobile mencapai 3,61 miliar kali transaksi (67%) dari total volume transaksi pada kuartal kedua 2022. Komposisi ini merupakan yang tertinggi dibandingkan dengan transaksi lainnya.
Adapun volume transaksi pelanggan BCA yang menggunakan internet banking mencapai 1,18 miliar kali transaksi (22%), menggunakan ATM sebanyak 533 juta kali transaksi (10%), dan yang melalui kantor cabang 24 juta kali transaksi (0,45%).
Adapun komposisi nilai transaksi BCA Mobile mencapai Rp1.321 triliun (13,55%) dari total transaksi. Sementara yang menggunakan internert banking sebesar Rp4.351 triliun (44,63%), menggunakan ATM sebesar Rp588 triliun (5,95%), dan yang melalui kantor cabang sebesar Rp3.497 triliun (36%).
(Baca: Transaksi Nasabah BCA Capai Rp34,44 Kuadriliun pada 2021)