Apa Merek Kecap Favorit Masyarakat Indonesia? Ini Hasil Surveinya

INFOGRAFIK
Penulis
Cindy Mutia Annur 28/07/2023 19:10 WIB

  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kecap adalah salah satu bumbu yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia, baik untuk memasak ataupun ditambahkan langsung ke makanan. Lantas, apa merek kecap yang paling disukai konsumen?

Menurut hasil survei Kurious-Katadata Insight Center (KIC), Bango merupakan merek kecap yang paling banyak digunakan oleh konsumen Indonesia. Mayoritas atau 80,5% responden mengaku biasa menggunakan kecap dengan logo burung bangau tersebut.


Sementara, responden yang mengonsumsi kecap merek lain proporsinya lebih sedikit. Kecap merek ABC hanya digunakan oleh 58,6% responden, dan kecap merek Sedaap 42,1%.

Kemudian proporsi konsumen Indofood Kecap Manis, Kecap Banteng SH, dan Tropicana Slim lebih rendah lagi seperti terlihat pada grafik.

Bukan hanya banyak dikonsumsi, Bango juga merupakan merek kecap terpopuler di Indonesia. Menurut survei Kurious-KIC, sebanyak 93,5% mengetahui merek kecap tersebut.

Di urutan berikutnya ada kecap ABC dan Sedaap, yang masing-masing diketahui oleh 89,3% dan 81,5% responden.

Survei ini dilakukan terhadap 691 responden yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan proporsi reponden laki-laki 53% dan perempuan 47%.

Sebanyak 63,7% responden berasal dari Pulau Jawa selain Jakarta, diikuti responden dari Jakarta (15,1%) dan Pulau Sumatra (12,9%). Sementara proposisi responden yang berasal dari Kalimantan, Sulawesi, Bali-Nusa, dan Maluku-Papua berada di rentang 0,6%-3%.

Sebagian besar responden berusia antara 35-44 tahun (33,3%), diikuti kelompok usia 25-34 tahun (30,1%), dan kelompok usia 45-54 tahun (21,3%).

Data survei dikumpulkan pada 7-14 Juli 2023 menggunakan metode computer-assisted web interviewing (CAWI)  dengan toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 3,72% dan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Ini Merek Saus Sambal Favorit Masyarakat Indonesia menurut Survei Kurious)

Editor : Adi Ahdiat