Telemedicine Terfavorit untuk Konsultasi Masalah Kesehatan Mental

INFOGRAFIK
Penulis
Cindy Mutia Annur 19/01/2023 07:31 WIB

  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei Populix menunjukkan bahwa Halodoc menjadi layanan telemedicine paling favorit di Indonesia untuk berkonsultasi masalah kesehatan mental. Persentasenya mencapai 79%.

Layanan telemedicine Alodokter juga banyak digunakan untuk berkonsultasi masalah kesehatan mental di Indonesia yakni sebanyak 55%. Kemudian, KlikDokter digunakan oleh 28% responden untuk berkonsultasi isu seputar kesehatan mental.


Ada pula responden yang mengakses layanan telemedicine Riliv sebanyak 19% terkait masalah kesehatan mental. Diikuti Bicarakain.id, Good Doctor, dan Psikologmu masing-masing digunakan oleh 14% responden.

Lalu, sebanyak 12% responden mengatakan menggunakan layanan telemedicine SehatQ. Sementara, ada responden yang menggunakan layanan telemedicine Kalm dan Ibunda untuk berkonsultasi layanan kesehatan mental masing-masing sebanyak 10%.

Survei itu juga menunjukkan bahwa alasan responden memilih layanan telemedicine untuk berkonsultasi masalah kesehatan mental karena mudah diakses (87%), bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja (76%), harga terjangkau (63%), privasi terjamin (61%), menemukan solusi terbaik (40%), dan ada pula yang mengikuti tren (15%).

Adapun survei ini dilakukan melalui aplikasi Populix pada 16-17 September 2022 terhadap 1.005 responden berusia 18-54 tahun di seluruh Indonesia. Mayoritas responden adalah pekerja (60,5%) dan pelajar (26%) dengan status lajang (50%) dan 40% menikah.

(Baca: Survei Populix: 1 dari 2 Penduduk Indonesia Punya Masalah Kesehatan Mental)