Menurut laporan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Instagram adalah aplikasi media sosial yang paling banyak diakses Generasi Z atau Gen Z.
Pada awal tahun ini proporsi Gen Z Indonesia yang sering mengakses Instagram mencapai 51,9%.
(Baca: 10 Jenis Konten Video Favorit Gen Z Global)
Ada banyak juga Gen Z Indonesia yang sering mengakses Facebook, TikTok, dan YouTube.
Kemudian ada yang sering mengakses X (dahulu Twitter), LinkedIn, dan aplikasi media sosial lain dengan porsi lebih sedikit seperti terlihat pada grafik.
APJII menggelar survei ini pada Desember 2023-Januari 2024, dengan melibatkan total responden 8.720 orang yang dipilih secara acak dan proporsional dari 38 provinsi Indonesia.
Gen Z dalam survei ini adalah responden yang lahir antara tahun 1997-2012, atau berusia 12-27 tahun saat survei digelar. Proporsinya mencapai 31,4% dari total responden.
Survei ini menggunakan metode wawancara tatap muka dengan toleransi kesalahan survei (margin of error) +/-1,1%.
(Baca: 10 Jenis Akun Media Sosial Favorit Gen Z Global)