Menurut laporan perusahaan riset pasar Compas, parfum dan wewangian jadi salah satu kategori produk perawatan kecantikan yang banyak dibeli konsumen e-commerce di Indonesia.
Pada semester I 2024, tercatat ada 27 juta produk parfum dan wewangian yang terjual di e-commerce besar dalam negeri, yakni Shopee, Tokopedia dan Blibli.
Riset dilakukan menggunakan metode crawling atau penelusuran digital periode Januari-Juli 2024. Data yang dikoleksi berupa penjualan dari toko official maupun non-official dengan rating minimal bintang 4.
Dari 10 merek parfum dan wewangian terlaris sepanjang semester I 2024, Evangeline menempati posisi puncak.
Merek lokal itu meraih 4,3% pangsa dari total volume penjualan parfum dan wewangian di e-commerce pada periode tersebut.
Berikutnya ada Fresh & Natural dengan pangsa 3,2%, diikuti parfum lokal lainnya sepert Saff & Co. dengan pangsa 3% dan MyKonos 2,5%.
Sementara merek parfum dan wewangian lainnya seperti Bonavie, Scentplus, Miniso, Morris, Scarlett, dan Posh dengan pangsa lebih rendah seperti terlihat pada grafik.
(Baca: 10 Merek Lipstik Lokal Terlaris di Shopee Juni 2024)