Di antara banyaknya restoran cepat saji yang ada di Indonesia, terdapat beberapa yang jadi favorit masyarakat. Berdasarkan survei yang digelar Top Brand Award, Kentucky Fried Chicken (KFC) merupakan restoran cepat saji paling populer di Indonesia pada 2022.
KFC tercatat memperoleh skor Top Brand Index (TBI) tertinggi di antara restoran cepat saji lainnya, yakni 27,2%. Kemudian diikuti MC Donald's dengan skor TBI sebesar 26,2%.
Skor TBI yang diperoleh FC dan MC Donald's tersebut cukup jauh dibandingkan Hoka-Hoka Bento yang berada di posisi ketiga dengan skor 9,4%. Disusul A & W serta Richeese Factory dengan skor masing-masing 7,6% dan 4,7%.
Adapun penilaian Top Brand Award 2022 ini berdasarkan survei terhadap 8.500 responden yang tersebar di 15 kota besar Indonesia. Responden terdiri dari 6.000 sampel acak, 1.700 sampel booster, dan 800 sampel booster B2B.
Metode sampling dalam survei ini untuk sampel random dan random retail adalah multistage area random sampling. Sedangkan, sampel booster dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling.
Ada 3 parameter yang digunakan dalam penilaian ini. Pertama, Top of Mind atau merek produk pertama yang disebut responden. Kedua, Last Usage atau merek produk terakhir yang digunakan responden. Ketiga, Future Intention atau keinginan responden untuk menggunakan produk merek tersebut di masa depan.
Skor Top Brand Index selanjutnya diperoleh dengan cara menghitung rata-rata terbobot masing-masing parameter tersebut.
(Baca Juga: Pendapatan Naik, Rugi Bersih KFC Susut 67,9% pada Kuartal I 2022)