Popularitas Uniqlo, merek pakaian kasual asal Jepang, kian menguat dalam lima tahun terakhir.
Hal ini terlihat dari penjualan dan jumlah tokonya yang terus bertambah secara global selama periode 2020-2024.
(Baca: Toko Uniqlo di Luar Jepang Terus Bertambah 2020-2024)
Menurut laporan perusahaan induknya, yaitu Fast Retailing, pada tahun fiskal 2024 mereka sudah memiliki sekitar 2,49 ribu unit toko Uniqlo yang tersebar di 25 negara.
Toko Uniqlo paling banyak berada di China dan Jepang. Hampir 70% dari total toko Uniqlo berlokasi di dua negara tersebut.
Negara lain yang menjadi lokasi utama toko Uniqlo adalah Filipina, Taiwan, Indonesia, Thailand, Amerika Serikat, Malaysia, dan Australia seperti terlihat pada grafik.
Adapun menurut manajemen Uniqlo, keberadaan toko merupakan salah satu kunci keberhasilan bisnis mereka.
"Pandemi Covid-19 mengajarkan kita bahwa e-commerce bukanlah segalanya. Orang-orang sebenarnya ingin pergi ke toko-toko yang menyenangkan. Ini adalah salah satu rahasia kesuksesan kami," kata manajemen Uniqlo di situs webnya.
"Kami menerima banyak permintaan untuk membuka toko di pusat perbelanjaan dan lokasi-lokasi tertentu. Dalam situasi ini, kami menargetkan toko-toko yang dikelola secara lokal, dan bukan toko yang biasa-biasa saja," kata mereka.
(Baca: Penjualan Uniqlo Meningkat 2020-2024, Terutama di Luar Jepang)