Berbagai aplikasi e-commerce kini memiliki fitur live shopping, yang memungkinkan penjual berinteraksi dengan calon pembeli melalui siaran video langsung atau live streaming.
Menurut survei Katadata Insight Center (KIC), mayoritas atau 66% responden konsumen biasa belanja melalui live shopping ketika ada promo tanggal kembar, kemudian 63% saat ada flash sale.
Ada pula 43% responden yang biasa belanja melalui live shopping saat event tertentu, seperti tahun baru, Ramadan, atau Natal, dan 39% pada hari gajian.
Sementara 29% responden selalu belanja melalui live shopping dan 2% menjawab lainnya.
Survei ini juga menemukan, mayoritas atau 54% responden melakukan pembayaran sebelum sesi live shopping berakhir. Sedangkan 46% lainnya baru menyelesaikan transaksi setelah sesi live shopping selesai.
KIC melakukan survei ini secara online pada 5-18 November 2024 terhadap 1.381 responden. Responden terdiri atas perempuan 62% dan laki-laki 38%.
Karakteristik responden berusia 18-44 tahun, berasal dari berbagai kelas sosial-ekonomi, dan pernah belanja live shopping dalam setahun terakhir.
Responden tersebar di 10 kota besar Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Balikpapan, Denpasar, dan Makassar.
Sebagai catatan, pertanyaan survei ini menggunakan pilihan multiple answer, sehingga responden dapat memilih lebih dari satu jawaban.
(Baca: Hal yang Dilakukan Pembeli saat Interaksi dengan Host Live Shopping)