Live shopping adalah aktivitas pemasaran di mana pedagang mempromosikan produknya melalui live streaming atau siaran langsung video daring di aplikasi tertentu.
Penontonnya bisa berinteraksi langsung dengan pedagang dan melakukan pembelian secara online.
(Baca: Aplikasi Live Commerce yang Digunakan Konsumen Indonesia)
Menurut survei Katadata Insight Center (KIC), mayoritas (34%) konsumen berminat pada produk pakaian lokal yang dijual melalui metode ini.
"Pakaian merupakan kategori produk lokal yang paling diminati di live shopping. Hal ini terlihat merata di setiap kategori demografi," kata KIC dalam laporan Consumer Behavior on Live Shopping (November 2024).
Produk lain yang cukup banyak diminati konsumen live shopping adalah make-up, aksesori pakaian, produk perawatan tubuh, makanan, dan perlengkapan hobi.
Sedangkan produk jenis lain peminatnya cenderung lebih sedikit, seperti terlihat pada grafik.
KIC melakukan survei ini secara online pada 5-18 November 2024 terhadap 1.381 responden, terdiri dari 62% peremppuan dan 38% laki-laki.
Karakteristik responden berusia antara 18-44 tahun, berasal dari berbagai kelas sosial-ekonomi, dan pernah belanja melalui live shopping dalam setahun terakhir.
Responden tersebar di 10 kota besar Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Balikpapan, Denpasar, dan Makassar.
(Baca: Ini E-Commerce dengan Fitur Live Streaming Terbaik untuk Jualan)