Perusahaan riset pasar Compas menelaah persaingan merek susu UHT (ultra high temperature) di e-commerce Indonesia pada September 2024.
Dengan metode online crawling atau penelusuran digital, Compas mengumpulkan data penjualan susu UHT dari toko official maupun non-official di Shopee, Tokopedia, Blibli, dan TikTok Shop, dengan rating produk minimal bintang 4.
Hasilnya, Ultra Milk menjadi merek terlaris. Mereka meraih pangsa pasar 18,4% dari total nilai penjualan susu UHT di e-commerce per September 2024.
Berikutnya ada Greenfields dan Ultra Mimi yang masing-masing meraih pangsa 17% dan 15,2%.
Diikuti Diamond Milk yang mendapat pangsa 12,2%, serta Frisian Flag dan Bear Brand yang pangsanya sama-sama 5,9%.
Sedangkan merek susu UHT lainnya seperti Cimory, Indomilk, Milk Life, dan Pediasure meraih pangsa kurang dari 5% seperti terlihat pada grafik.
(Baca: Produksi Lokal Minim, Indonesia Bergantung pada Susu Impor)