Facial wash atau sabun cuci muka merupakan produk kebersihan yang umum digunakan masyarakat.
Lantas, berapa banyak biaya yang digelontorkan konsumen Indonesia untuk membeli sabun cuci muka setiap bulannya?
Menurut survei Kurious dari Katadata Insight Center (KIC), mayoritas atau 37,2% responden mengeluarkan biaya antara Rp30 ribu-Rp50 ribu per bulan untuk sabun cuci muka.
Kemudian 24% responden mengeluarkan biaya Rp50 ribu–Rp80 ribu per bulan, 19,9% responden mengalokasikan kurang dari Rp30 ribu per bulan, dan 10,2% responden membelanjakan Rp80 ribu–Rp110 ribu per bulan untuk produk tersebut.
Hanya ada sedikit responden yang menghabiskan uang lebih dari Rp110 ribu per bulan untuk sabun cuci muka, dengan rincian seperti terlihat pada grafik.
Kurious-KIC melakukan survei ini terhadap 717 responden yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, dengan proporsi responden laki-laki 48,3% dan perempuan 51,7%.
Lebih dari separuh responden berada di Pulau Jawa selain Jakarta (63%), kemudian di Jakarta (15,2%), dan Sumatra (11,3%). Responden yang berasal dari Kalimantan, Sulawesi, Bali-Nusa Tenggara, dan Maluku-Papua di rentang 0,4%-3,1%.
Sebagian besar responden berusia antara 35-44 tahun (32,4%), diikuti kelompok 25-34 tahun (28,3%) dan kelompok 45-54 tahun (22,7%).
Adapun survei dilakukan pada 9 - 17 Maret 2023 menggunakan metode computer-assisted web interviewing (CAWI), dengan toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 3,66% dan tingkat kepercayaan 95%.
(Baca: Mudah Ditemukan hingga Harga Terjangkau, Ini Ragam Faktor Konsumen Saat Memilih Produk Sabun)