Menurut laporan survei Bank Indonesia (BI), kelompok konsumen dengan pengeluaran antara Rp1 juta sampai Rp2 juta diperkirakan menghabiskan 75,71% pendapatannya untuk konsumsi pada Mei 2022. Rasio tersebut sedikit lebih besar dari 75,65% pada April 2022.
Sementara itu, kelompok konsumen dengan pengeluaran lebih dari Rp5 juta diperkirakan menghabiskan 68,77% pendapatannya untuk konsumsi pada Mei 2022, naik tipis dari 68,08% pada bulan sebelumnya.
Secara keseluruhan, rasio konsumsi terhadap pendapatan konsumen diperkirakan mencapai 74,26% pada Mei 2022, naik dari 73,9% pada bulan sebelumnya.
"Sejalan dengan menguatnya optimisme konsumen terhadap penghasilan pada Mei 2022, rata-rata proporsi pendapatan konsumen untuk konsumsi mengalami peningkatan, sementara rata-rata proporsi pembayaran cicilan/utang cenderung stabil," tulis BI dalam laporannya yang dirilis Kamis (9/6/2022).
(Baca: Porsi Tabungan Turun, Pendapatan Konsumen untuk Konsumsi Naik pada Mei 2022)