Survei Inventure menunjukkan, ada beragam hal yang dilakukan anak muda kelas menengah di Indonesia untuk berhemat atau menekan pengeluaran mereka.
Dari total responden milenial dan generasi Z, sebanyak 44% berhemat dengan memilih masak di rumah atau membawa bekal daripada beli makan di luar.
Kemudian 35% memilih untuk berolahraga gratis di car free day (CFD) daripada ikut gym atau olahraga berbayar.
Berikutnya 29% berhemat dengan menonton YouTube atau acara televisi gratis ketimbang berlangganan over the top (OTT) atau konten hiburan berbayar seperti Netflix, Vidio, dan Viu.
Ada pula yang menekan pengeluaran dengan melakukan thrifting atau belanja pakaian bekas (19%); berlangganan OTT namun membatasi bepergian keluar rumah (10%), dan datang ke konser atau gigs gratis (9%).
"Pertumbuhan ekonomi yang lemah, ketimpangan pendapatan, dan naiknya harga kebutuhan pokok mengakibatkan kelas menengah mulai melakukan penyesuaian besar dalam kebiasaan belanja mereka," tulis Inventure dalam laporannya.
Survei Inventure melibatkan 450 responden kelas menengah yang terdiri dari milenial 60% dan gen Z 40%. Adapun komposisi gendernya 53% laki-laki dan 47% perempuan.
Pengambilan data dilakukan dengan metode wawancara tatap muka yang digelar di Jabodetabek, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar pada September 2024.
(Baca: Mayoritas Anak Muda Kelas Menengah Pesimistis Bisa Beli Rumah)