Laporan lembaga pelatihan keterampilan tenaga kerja, Udemy Business menunjukkan sejumlah konsumsi atau penggunaan keterampilan di bidang penjualan (sales) yang melonjak pada 2022. Ini bisa menjadi tolok ukur kebutuhan perusahaan terhadap sales untuk menggaet pasar.
Urutan pertama ada manajemen pengalaman berhadapan dengan pelanggan yang keterampilannya melonjak hingga 449% pada 2022. Dengan jarak cukup jauh di urutan kedua, ada penggunaan Salesforce software, aplikasi yang membantu tim sales untuk membangun hubungan dengan pelanggan sebesar 252%.
Ketiga, keahlian menggunakan System Application and Product (SAP) dalam memproses data penjualan dan distribusi sebesar 156%. Keterampilan ini memungkinkan individu dalam perusahaan bisa bekerja lebih efisien dan efektif.
Keempat, pengembangan bisnis sebesar 55%. Kelima, SAP manajemen sebesar 53%.
Udemy Business menyebut, apa pun teknologi, tenaga kerja, dan tantangan pasar yang terjadi, mengedepankan pelanggan merupakan fokus setiap bisnis.
"Menurut penelitian yang dilakukan oleh Salesforce, hampir 90% pelanggan mengatakan pengalaman yang diberikan perusahaan sama pentingnya dengan produk atau layanan yang ditawarkannya," tulis Udemy Business mengutip sebuah riset dalam laporannya.
Laporan ini menganalisis data dari ribuan pelanggan Udemy Business di seluruh dunia. Mereka menghitung total konsumsi pengguna Udemy Business di semua topik kursus dari 1 Juli 2021-1 Juli 2022.
Udemy Business juga menghitung dan membandingkan persentase pertumbuhan konsumsi dari 1 Juli 2020-1 Juli 2021.
Berikut proporsi konsumsi keterampilan bidang sales pada 2022:
- Manajemen pengalaman pelanggan 449%
- Salesforce software 252%
- SAP sales dan distribusi 156%
- Pengembangan bisnis 55%
- SAP manajemen 53%
- Pelayanan pelanggan 50%
- Manajemen kesuksesan pelanggan 25%
- Kepemimpinan 23%
- B2B sales 14%
- Keterampilan sales 3%
(Baca juga: Minat Bekerja Marketing Digital? Ini Keterampilan yang Dicari Perusahaan)