Kompetisi Video Pendek Kompetisi Video Pendek

Survei Indikator: Anies Unggul di Simulasi Pilkada Jakarta 2024

1
Nabilah Muhamad 26/07/2024 09:57 WIB
Image Loader
Memuat...
Elektabilitas Bakal Calon Gubernur dalam Simulasi Pilkada Jakarta* (Juni 2024)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei Indikator menunjukkan Anies Baswedan unggul dalam simulasi top of mind Pilkada Jakarta 2024.

Eks Gubernur Jakarta periode 2017-2022 itu dipilih secara spontan oleh 39,7% dari total responden.

"Ini kami sebut sebagai strong voters, karena mereka bisa menyebut nama calon gubernur tanpa kami brief nama-nama yang akan maju," kata Direktur Eksekutif Indikator Burhanuddin Muhtadi dalam paparan surveinya secara daring, Kamis (25/7/2024).

Di bawahnya adalah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang meraih elektabilitas 23,8%. Lalu Ridwan Kamil mengekor dengan dukungan 13,1% suara responden.

Ada pula nama-nama lain yang dipilih responden sebagai bakal calon gubernur Jakarta. Namun, elektabilitasnya kurang dari 1,5%, seperti terlampir pada grafik.

Dalam simulasi top of mind ini juga terdapat 16,1% responden yang tidak menjawab atau tidak tahu siapa kandidat calon gubernur Jakarta yang akan dipilihnya.

"Artinya [yang tidak menjawab atau tidak tahu] relatif kecil, sebagian besar warga di Jakarta sudah punya pilihan secara spontan," kata Burhanuddin.

Ia menilai hal tersebut menarik, mengingat Pilkada Jakarta baru akan digelar pada November 2024, dan belum ada pasangan calon yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD).

Survei ini melibatkan 800 responden di Jakarta, dengan kriteria berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Responden dipilih melalui metode multistage random sampling

Pengambilan data dilakukan pada 18-26 Juni 2024 melalui wawancara tatap muka. Toleransi kesalahan survei (margin of error) sekitar 3,5% pada tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Litbang Kompas: Anies Raih Suara Tertinggi di Bursa Pilgub Jakarta)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua