Ada IKN, Kaltim Masuk 5 Provinsi Paling Diminati Investor Lokal

Ekonomi & Makro
1
Nabilah Muhamad 30/04/2024 17:11 WIB
5 Provinsi dengan Nilai Penanaman Modal Dalam Negeri/PMDN Terbesar Nasional (Kuartal I 2024)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) melaporkan, nilai penanaman modal dalam negeri (PMDN) pada kuartal I 2024 mencapai Rp197,1 triliun, berkontribusi 49,1% terhadap total realisasi investasi nasional.

Pada periode tersebut, Kalimantan Timur (Kaltim) masuk ke top 5 provinsi dengan nilai PMDN terbesar, yakni Rp11,9 triliun.

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyebut, investasi PMDN ke Kaltim itu sebagiannya masuk ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

"PMDN di Kalimantan Timur itu ada bagiannya (untuk IKN), karena kita lagi pembangunan," kata Bahlil dalam konferensi pers di kanal YouTube BKPM, Senin (29/4/2024).

Bahlil juga memastikan, Chairman Royal Golden Eagle/RGE Sukanto Tanoto akan berinvestasi di IKN pada tahun ini, diikuti investasi dari PT Sayap Mas Utama/Wings dan PT Djarum.

"Pengajuan izin investasi sudah dikomunikasikan dengan saya maupun Otorita IKN. Ibarat orang puasa, hilal realisasi investasinya susah dekat," kata dia.

Kendati demikian, PMDN terbesar pada kuartal I 2024 masih masuk ke DKI Jakarta dengan nilai Rp35,3 triliun.

Di urutan berikutnya ada Jawa Barat dengan nilai PMDN Rp23,6 triliun, Jawa Timur Rp20,1 triliun dan Riau Rp18,5 triliun.

(Baca: Realisasi Investasi di IKN Capai Rp47,5 Triliun, Mayoritas dari Swasta)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua