Harga Rolls-Royce Ghost, Mobil Sandra Dewi yang Disita dalam Kasus Timah

Produk Konsumen
1
Erlina F. Santika 02/04/2024 15:19 WIB
Daftar Harga Mobil Rolls-Royce Jenis Ghost (2023-2024)*
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Dua mobil mewah dari kediaman Harvey Moeis, suami artis Sandra Dewi, disita Penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung).

Melansir Katadata, penyitaan dilakukan sebagai bagian dari pengusutan perkara tindak pidana korupsi tata niaga timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015 hingga 2022 yang menyeret Harvey Moeis sebagai tersangka.

Mobil yang disita adalah Rolls-Royce dan Mini Cooper. Direktur Penyidikan (Dirdik) Jampidsus Kuntadi membenarkan informasi tersebut.

"Betul [sita Rolls-Royce] dan Mini Cooper," kata Kuntadi, Senin malam (1/4/2024).

Kuntadi sempat menyampaikan bahwa penyidik melakukan penggeledahan di rumah Harvey Moeis di kawasan Pakubuwono, Jakarta Selatan, pada Senin (1/4/2024). Setelah penyitaan, kendaraan mewah tersebut dibawa ke Kejaksaan Agung pada hari yang sama, sekitar pukul 23.00 WIB.

Penggeledahan dilakukan setelah suami Sandra Dewi itu ditetapkan sebagai tersangka pada Rabu (27/3/2024). Harvey Moeis disebut sebagai perpanjangan tangan PT RBT.

Mini Cooper yang disita jenis S. Countryman F60. Sedangkan satu lagi Rolls-Royce jenis Ghost berwarna hitam dengan pelat nomor spesial, yakni inisial nama SDW.

Mobil itu diberikan Harvey kepada Sandra Dewi sebagai hadiah ulang tahun ke-40 pada tahun lalu. Adapun Rolls-Royce Ghost milik artis ini edisi Extended Wheelbase bermesin 6.592 cc. Mobil ini berasal dari Inggris.

(Baca Katadata: Kejagung Sita Rolls Royce dan Mini Cooper Harvey Moeis di Kasus Timah)

Menurut laman Car and Driver, Ghost menjadi jenis Rolls-Royce level awal, tapi masih tergolong mobil luar biasa.

"Perlengkapan standar dan opsional sangat menarik dan panjang, dan Rolls-Royce menawarkan daftar fitur tambahan dan penyesuaian yang selalu berkembang," tulis Car and Driver yang dikutip Selasa (2/4/2024).

Laman resmi Rolls-Royce menyebut harga jenis Ghost dibuka mulai US$400 ribu pada 2023. Kini sedikitnya ada empat jenis Ghost yang beredar di pasaran.

Ghost Black Badge menjadi yang termahal dengan harga US$416 ribu atau Rp6,62 miliar (asumsi kurs Rp15.919 per US$), berdasarkan harga yang dihimpun Car and Driver pada 2024.

Kedua, Ghost Extended Wheelbase, mobil Sandra Dewi, sebesar US$402 ribu atau Rp6,40 miliar.

Ketiga, Ghost Prism Edition sebesar US$379 ribu atau Rp6,03 miliar. Keempat, Rolls-Royce Ghost dibanderol seharga US$354 ribu atau Rp5,64 miliar.

Sebagai catatan, harga tersebut diriset dari Amerika Serikat. Harga Rolls-Royce di Indonesia mungkin mengalami perbedaan.

Car and Drive menulis, Ghost ditenagai oleh mesin V-12 6,7 liter berkekuatan 563 hp yang digunakan bersama dengan SUV Cullinan; model Black Badge mendapatkan dorongan tenaga hingga 592 hp.

Klaim dari Rolls-Royce, Ghost mampu mencapai kecepatan 60 mph hanya dalam waktu 4,6 detik. Rolls-Royce Ghost juga menawarkan pengendalian yang tajam, dengan sistem kemudi all-wheel-steering dan distribusi bobot 50/50.

"Ghost memberikan pengendaraan yang tak tertandingi berkat suspensi adaptif standarnya yang menggunakan kamera pemindai jalan untuk membantu kendaraan mengantisipasi dan mengimbangi jalan berlubang," tulis Car and Driver.

(Baca juga: Gaya Hidup Pejabat Pajak Disorot Buntut Kasus Penganiayaan, Berapa Harga Mobil Jeep Rubicon?)

Data Populer
Lihat Semua