Bulan Februari, Inflasi Perlengkapan, Peralatan dan Pemeliharaan Rutin Rumah Tangga di Kota Sorong 3,4%

Ekonomi & Makro
1
Agus Dwi Darmawan 01/04/2024 17:48 WIB
Inflasi (m-to-m) Februari 2024 Menurut Pengeluaran Total Subkelompok di Kota Sorong
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Harga-harga komponen penyumbang inflasi peralatan dan perlengkapan perumahan dan kebun di kota Sorong pada Februari 3,4%. Angka ini bertahan di posisi yang salam dalam dua bulan terakhir. Di antara enam kelompok inflasi yang diukur di daerah ini, kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga menyumbang 0,27% inflasi di kota Sorong .

(Baca: Timbulan Sampah Indonesia Meningkat pada 2022)

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan indeks harga konsumen (IHK) perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga di kota Sorong berada di level 115,94 pada Februari 2024, lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya yang tercatat 112,13.

Bila dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu, inflasi perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga telah turun 11.62% (year on year/yoy). Sementara jika dibandingkan dengan posisi awal tahun, harga-harga komponen penyumbang inflasi di kota Sorong telah mengalami pertumbuhan 3,4% (year to date/ytd).

Inflasi perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga ini merupakan yang tertinggi dibanding sub kelompok lainnya (data per Februari 2024).

(Baca: Biaya Kesehatan di Kota Bogor Bulan Februari Naik 0,15%)

Berikut ini adalah inflasi subkelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga yang di ukur BPS per Februari di kota Sorong :

  • Kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga 0,27%
  • Kelompok barang dan layanan untuk pemeliharaan rumah tangga rutin 0,29%
  • Kelompok peralatan dan perlengkapan perumahan dan kebun 3,4%

Dibandingkan dengan 40 kabupaten/kota lain, inflasi perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga tertinggi terjadi di kota Madiun sebesar 0,12% dengan IHK sebesar 101.48 dan terendah terjadi di kota Bandung sebesar 0,67% dengan IHK sebesar 102.35. Sementara untuk kota Sorong ini menempati urutan ketiga.

Perkembangan inflasi umum nasional pada Februari 2024 sebesar 0,37% secara bulanan dan -7,52% secara tahunan. Meski tercatat lebih tinggi dibandingkan dengan inflasi bulanan sebelumnya, tingkat inflasi bulanan ini tidak setinggi periode yang sama tahun lalu yang tercatat sebesar 5,47%.

Data Populer
Lihat Semua