Gen Z Terdepan dalam Aksi Boikot Produk Pro Israel

Produk Konsumen
1
Cindy Mutia Annur 25/03/2024 19:01 WIB
Tingkat Kepedulian dan Keterlibatan Responden dalam Aksi Boikot Produk Pro Israel (Februari 2024)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut hasil survei Jakpat, kelompok usia gen Z paling banyak peduli terhadap aksi boikot produk pro Israel ketimbang kelompok usia lain.

Sebanyak 82% responden kelompok gen Z mengaku peduli dan mengikuti isu boikot tersebut, sedangkan di kelompok milenial yang peduli 77%, dan kelompok gen X 69%.

(Baca: Ini Merek yang Banyak Jadi Target Boikot di TikTok)

Tak sekadar peduli, kelompok gen Z juga paling banyak melakukan aksi boikot produk pro Israel, dengan proporsi 73% responden.

Sementara yang melakukan aksi serupa di kelompok milenial 61%, dan gen X 54%.

Survei ini dilakukan secara online melalui aplikasi Jakpat pada 19-20 Februari 2024, dengan melibatkan 1.153 responden nasional.

Responden terdiri dari laki-laki 53% dan perempuan 47%, dengan tingkat toleransi kesalahan survei (margin of error) sekitar 5%.

Mayoritas responden berada di Pulau Jawa non-Jakarta (49%), diikuti DKI Jakarta (39%), dan pulau-pulau di luar Jawa (12%).

Responden didominasi oleh kelompok muda, yaitu gen Z (35%) dan milenial (46%).

Berdasarkan pekerjaannnya, responden paling banyak berasal dari kalangan pekerja (22%), diikuti oleh pekerja lepas alias freelancer (18%) dan pelajar (17%).

Adapun konflik antara Palestina dan Israel yang memakan banyak korban jiwa menjadi penyebab isu boikot global meningkat dalam beberapa bulan terakhir.

Gerakan tersebut memboikot produk-produk dari berbagai merek yang dicurigai mendukung dan berafiliasi dengan Israel, mulai dari makanan cepat saji, fashion, makanan dan minuman, hingga kosmetik dan perawatan pribadi.

(Baca: Produk Ibu dan Anak Paling Terdampak Aksi Boikot-Israel, Kecantikan Tak Goyah)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua