Hutama Karya Prediksi Volume Kendaraan Tol Trans Sumatera Naik 24% saat Libur Nataru

Transportasi & Logistik
1
Nabilah Muhamad 30/11/2023 11:48 WIB
Jumlah Volume Kendaraan di Tol Trans Sumatra saat Lalu Lintas Normal dan Libur Nataru (2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

PT Hutama Karya (Persero) memprediksikan lalu lintas di Jalan Tol Trans Sumatra (JJTS) selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 akan mencapai 1,23 juta kendaraan. Volume ini ditaksir melonjak hingga 24% dari lalu lintas normal sebanyak 990 ribu kendaraan. 

Adapun puncak arus mudik akan dimulai dua hari sebelum perayaan Natal, yaitu 23 Desember 2023. Sementara arus balik diperkirakan pada 30 Desember 2023.

Sejalan dengan itu, Executive Vice President Sekretaris Hutama Karya Tjahjo Purnomo menyampaikan, pihaknya telah menyiagakan 2.576 personil, 289 unit armada siaga, dan 9 rest area yang tersebar di ruas tol. 

Fasilitas yang dihadirkan dari tempat makan dengan beragam tenant, toilet, bengkel, hingga ketersediaan bahan bakar minyak (BBM). Selain itu, Hutama Karya menyediakan 64 unit alat mobile reader atau top-up untuk mempercepat transaksi pembayaran tol. 

Perusahaan juga menerapkan sistem holding pada rest area di Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) dan Permain apabila lalu lintas semakin padat.

Tjahjo mengatakan, Hutama Karya juga berkoordinasi dengan kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, BNPB, pemprov/pemda, hingga berbagai pihak terkait lainnya agar pelaksanaan libur Nataru berjalan dengan lancar. 

"Sehingga pengguna jalan tol dapat merasakan jalan tol yang aman dan nyaman selama Nataru nanti," kata Tjahjo dalam keterangan resminya, Selasa (28/11/2023).

(Baca juga: Kemenhub Prediksi 107 Juta Orang Jalan-jalan saat Libur Nataru, Ini Wilayah Tujuannya)

Data Populer
Lihat Semua