Indeks Pariwisata Jepang Terbaik Sedunia, Berapa Banyak Kunjungan Turisnya?

Ekonomi & Makro
1
Adi Ahdiat 24/10/2023 20:11 WIB
Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Jepang (2013-Juli 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pada 2021, Jepang menjadi negara dengan pariwisata terbaik sedunia menurut Travel & Tourism Development Index (TTDI).

TTDI adalah indeks yang disusun World Economic Forum (WEF) untuk mengukur kemajuan pembangunan sektor pariwisata di setiap negara.

WEF menilai pariwisata Jepang unggul karena berbagai faktor, di antaranya berkat fasilitas kesehatan dan kebersihan di negeri mereka yang baik.

Jepang juga dinilai memiliki infrastruktur transportasi yang bagus, kaya akan atraksi wisata budaya, wisata alam, serta memiliki banyak sumber daya non-rekreasi (seperti fasilitas bisnis, universitas, dan rumah sakit) yang bisa menarik kunjungan dari mancanegara.

Adapun menurut data Japan National Tourism Organization (JNTO), dalam satu dekade terakhir jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Jepang terus meningkat.

Puncaknya tercatat pada 2019, ketika Jepang menerima sekitar 31,88 juta kunjungan wisatawan mancanegara.

Namun, pada 2020-2021 jumlah kunjungan turis ke Jepang anjlok gara-gara pandemi Covid-19, sama seperti nasib negara-negara lainnya.

Kemudian sejak 2022 kunjungan turis internasional ke Jepang mulai naik lagi, meski belum berhasil kembali ke level pra-pandemi seperti terlihat pada grafik di atas.

Ketika mereka mencatatkan rekor jumlah kunjungan pada 2019, mayoritas wisatawan mancanegara yang datang ke Jepang berasal dari Tiongkok (30%), Korea Selatan (18%), Taiwan (15%), Hong Kong (7%), Amerika Serikat (5%), dan Thailand (4%).

Sementara, turis asal negara-negara lain yang berkunjung ke Jepang pada 2019 proporsinya hanya 2% ke bawah.

(Baca: Nilai Tukar Yen Jepang Terus Melemah, Apa Dampaknya?)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua