Survei LSI: Prabowo dan Ganjar Dinilai sebagai Capres yang Paling Didukung Jokowi

Politik
1
Nabilah Muhamad 23/10/2023 09:12 WIB
Proporsi Persepsi Responden Terhadap Bakal Calon Presiden/Capres yang Lebih Didukung Jokowi (16-18 Oktober 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut dirinya mendukung semua bakal calon presiden (capres) dalam pemilihan presiden atau Pilpres 2024. Pernyataan ini untuk merespons Puan Maharani, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, yang mempertanyakan arah dukungan Jokowi untuk Ganjar Pranowo atau bakal capres lainnya.

"Dukung semuanya untuk kebaikan negara ini," klaim Jokowi seusai menghadiri Apel Hari Santri Nasional 2023 di Tugu Pahlawan Surabaya, dilansir dari CNN Indonesia, Minggu (22/10/2023).

Namun, bagaimana publik melihat arah dukungan Jokowi terhadap bakal capres saat ini?

Survei persepsi yang dihimpun Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan, sebanyak 39,3% responden menilai bahwa Prabowo Subianto menjadi capres yang paling didukung oleh Jokowi.

Di bawahnya, ada Ganjar Pranowo dengan perolehan 36,9%. Sedangkan publik yang menilai Jokowi akan memberikan dukungan pada Anies Baswedan sebagai capres hanya sebesar 4,8%. 

Ada pula 18,9% responden yang tidak tahu atau tidak jawab terkait capres yang lebih didukung oleh Jokowi.

"Jadi, publik sampai dengan survei ini dilakukan tampaknya masih menangkap Jokowi mendukung baik Ganjar maupun Prabowo. Enggak tahu kalau Gibran sudah ditetapkan, mungkin akan ada perubahan," kata Direktur Eksekutif Djayadi Hanan saat memaparkan surveinya secara daring, Minggu (22/10/2023). 

Survei ini melibatkan 1.229 responden berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/selular, sekira 83% dari total populasi nasional.

Sampel diambil menggunakan teknik pembangkitan nomor telepon secara acak atau random digit dialing (RDD), telah divalidasi dan melalui proses screening.

Pengambilan data dilakukan pada 16-18 Oktober 2023 menggunakan metode wawancara melalui telepon. Survei ini memiliki toleransi kesalahan (margin of error) sekira 2,9% dan tingkat kepercayaan 95%, asumsi simpel random sampling.

 

(Baca juga: Survei LSI Oktober 2023: Prabowo Makin Kuat, Ganjar dan Anies Mengekor)

Data Populer
Lihat Semua