Kekayaan Prabowo Bertambah Rp28 Miliar sejak Jadi Menteri Jokowi

Politik
1
Cindy Mutia Annur 19/10/2023 11:30 WIB
Harta Kekayaan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto Berdasarkan LHKPN (2019-2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Prabowo Subianto adalah satu-satunya bakal capres Pemilu 2024 yang belum mengumumkan nama cawapresnya hingga saat ini.

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani memberi petunjuk bahwa bakal cawapres yang akan mendampingi Prabowo adalah sosok anak muda dan memiliki pengalaman di pemerintahan.

"Saya cuma mau memberi isyarat, kisi-kisi tentang calon wakil presiden Pak Prabowo hanya dengan pantun: Indonesia negeri yang kaya, penduduknya berjuta-juta, kami ingin Indonesia jaya, Prabowo dan anak muda jawabannya," kata Ahmad Muzani dilansir dari Katadata.co.id, Rabu (18/10/2023).

Pantunnya pun berlanjut, "Beli pisang sambil sepedaan, pulangnya mampir Stasiun Balapan. Cawapres Pak Prabowo akan segera diumumkan, dia sosok berpengalaman di pemerintahan," kata Ahmad lagi.

Namun, ia tidak menegaskan dengan rinci apakah sosok anak muda dan berpengalaman di pemerintahan tersebut mengacu pada Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka atau bukan.

Begitu pula dengan makna "Stasiun Balapan" dalam pantunnya, apakah berkaitan dengan putra Presiden Joko Widodo tersebut atau tidak.

Adapun kontestasi Pemilu 2024 ini menjadi pengalaman kelima bagi Prabowo. Sebelumnya, ia pernah maju sebagai bakal capres/cawapres pada Pemilu 2004, 2009, 2014, dan 2019, meskipun gagal berturut-turut.

Setelah gagal memenangkan Pemilu 2019, Prabowo kemudian dilantik sebagai Menteri Pertahanan dalam Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin Jokowi-Ma'ruf.

Kekayaan Prabowo Naik Rp28 Miliar sejak Jadi Menteri

Adapun menurut data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), kekayaan Prabowo Subianto bertambah sekitar Rp28,43 miliar dalam tiga tahun terakhir, sejak ia menjadi Menteri Pertahanan.

Di masa awal jabatannya Prabowo melaporkan kekayaan sebesar Rp2 triliun pada 2019. Di tahun berikutnya kekayaan Prabowo meningkat di kisaran puluhan miliar rupiah, seperti terlihat pada grafik di atas.

Data teranyar, Prabowo tercatat memiliki kekayaan Rp2,03 triliun yang dilaporkan pada 31 Desember 2022.

Mayoritas harta kekayaan Prabowo pada 2022 berupa surat berharga senilai Rp1,7 triliun.

Ketua Umum Partai Gerindra ini juga memiliki 10 bidang tanah dan bangunan, dengan nilai total Rp275,32 miliar. Harta tak bergerak itu tersebar di wilayah Bogor dan Jakarta Selatan.

Mantan Danjen Kopassus ini tercatat memiliki satu motor dan tujuh mobil, di antaranya Motor Suzuki, Toyota Alphard, Honda CR-V, Land Rover, Toyota Land Cruisser, Mitsubishi Pajero, hingga Toyota Lexus. Total aset alat transportasi tersebut mencapai Rp1,25 miliar.

Prabowo juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp16,41 miliar, kas dan setara kas sebesar Rp2,52 miliar, harta lainnya senilai Rp45 miliar, dan utang Rp8 miliar.

(Baca: Daftar Harta Kekayaan dan Utang Prabowo, Ganjar, hingga Anies, Siapa Paling Besar?)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua