Bukan Mahfud MD, Ini Cawapres Ganjar yang Unggul dalam Survei LSI

Politik
1
Adi Ahdiat 18/10/2023 13:45 WIB
Cawapres yang Paling Pantas Mendampingi Ganjar Pranowo menurut Survei LSI (Agustus 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) resmi menunjuk Menko Polhukam Mahfud MD sebagai bakal cawapres Ganjar Pranowo untuk Pemilu 2024.

"Hari ini, Rabu, 18 Oktober 2023, saya dengan mantap diri, saya ambill keputusan semua, saya tujukan sebesar-besarnya bagi kepentingan rakyat, bangsa, dan negara dengan ucapan bismillahirrahmanirrahim, calon wakil presiden yang dipilih PDIP yang akan dampingi Ganjar Pranowo adalah Prof. Dr. Mahfud MD," kata Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, disiarkan Antara, Rabu (18/10/2023).

Pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD diusung oleh 4 partai politik, yakni PDIP, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

Menurut Direktur Eksekutif Indostrategic Ahmad Khoirul Umam, Mahfud MD bisa memberi kekuatan tambahan bagi mitra politiknya.

"Penentuan Mahfud MD sebagai cawapres dari Ganjar Pranowo akan memperkuat mesin politik PDIP dan capres Ganjar Pranowo," kata Ahmad, disiarkan Antara, Rabu (18/10/2023).

"Figur Mahfud MD merepresentasikan kekuatan politik Nahdliyyin," katanya lagi.

Ahmad juga menilai, Mahfud MD memiliki pengalaman menjalankan tugas negara di semua cabang kekuasaan, baik di ranah eksekutif sebagai menteri, legislatif sebagai anggota DPR, maupun yudikatif sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK).

"Bekal pengalaman itu bisa menguatkan narasi, argumen, dan pilihan kebijakan dalam perdebatan visi, misi, dan platform pemerintahan ke depan, di mana swing voters dari kalangan menengah terdidik cukup dipengaruhi oleh kualitas argumen para kontestan," kata Ahmad.

(Baca: Sah Jadi Cawapres Ganjar, Berapa Harta Kekayaan Mahfud MD?)

Kendati begitu, jika dilihat dari laporan Lembaga Survei Indonesia (LSI), elektabilitas Mahfud MD tampaknya cukup rendah dibanding tokoh nasional lain.

Pada 3-9 Agustus 2023 LSI menggelar survei terkait sosok cawapres yang dinilai paling pantas mendampingi Ganjar Pranowo.

Survei dilakukan terhadap 1.220 responden yang tersebar secara nasional, dengan metode multistage random sampling dan wawancara tatap muka.

Hasilnya, mayoritas atau 17% responden menilai cawapres paling pantas untuk Ganjar Pranowo adalah Erick Thohir.

Sementara nama Mahfud MD berada jauh di bawah Erick Thohir, yakni di urutan kelima dengan perolehan suara responden 6,7%.

"Erick Thohir, Sandiaga Uno, dan Ridwan Kamil merupakan calon yang paling banyak dinilai paling pantas sebagai wakil presiden dari Ganjar Pranowo," kata tim LSI dalam laporan Rilis Survei Nasional edisi Agustus 2023.

Survei LSI ini memiliki margin kesalahan 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Survei Poltracking: Erick Thohir Bakal Cawapres Terkuat, Khofifah Tertinggal)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua