"Budi Pekerti" Dapat Nominasi Terbanyak di Festival Film Indonesia 2023

Media
1
Nabilah Muhamad 18/10/2023 13:57 WIB
Daftar Film dengan Nominasi Terbanyak di Festival Film Indonesia/FFI 2023
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Komite Festival Film Indonesia (FFI) mengumumkan daftar nominasi untuk gelaran FFI 2023. Penghargaan untuk sineas Tanah Air ini akan diselenggarakan pada 14 September 2023. 

Melansir laman resmi FFI, Budi Pekerti menjadi film yang mengantongi nominasi terbanyak, yakni 17 dari 22 nominasi.   

Nominasi ini termasuk kategori sutradara terbaik, penulis skenario asli terbaik, film cerita panjang terbaik, serta nominasi di seluruh kategori pemeran terbaik.

Film besutan sutradara Wregas Bhanuteja ini bercerita seorang guru BK paruh baya yang di-bully di media sosial setelah video perselisihannya dengan pengunjung pasar menjadi viral. 

Akibat tindakannya yang dinilai tidak mencerminkan kepribadian seorang guru, warganet terus mencari kesalahan lainnya hingga membuat guru tersebut terancam kehilangan pekerjaannya. 

Lalu Like & Share menempati urutan kedua sebagai film dengan nominasi FFI 2023 terbanyak, yakni 11 nominasi, termasuk kategori sutradara terbaik, sinematografi terbaik, pengarah artistik terbaik, serta pemeran utama perempuan terbaik yang dilakoni oleh Aurora Ribero. 

Like & Share mengangkat isu kekerasan seksual dalam dunia remaja, yang bercerita tentang kisah dua orang perempuan yang sedang mengeksplorasi dunianya. 

Kemudian The Big 4 menyusul di urutan ketiga yang juga mendapatkan 11 nominasi untuk kategori sutradara terbaik, penulis skenario asli terbaik, hingga pemeran pria terbaik. Film garapan Timo Tjahjanto itu merupakan salah satu hasil proyek Waktu Indonesia Netflix Indonesia yang dirilis pada 2022 lalu. 

Berikut daftar film dengan nominasi terbanyak di Festival Film Indonesia 2023:

  1. Budi Pekerti: 17 nominasi
  2. Like & Share: 11 nominasi
  3. The Big 4: 11 nominasi
  4. 24 Jam Bersama Gaspar: 9 nominasi
  5. Buya Hamka Vol.1: 5 nominasi
  6. Sri Asih: 5 nominasi
  7. Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang: 4 nominasi
  8. Women from Rote Island: 4 nominasi
  9. Sleep Call: 3 nominasi
  10. Qodrat: 3 nominasi

(Baca juga: Dokumenter Beckham Salip Sex Education di Puncak Serial Netflix Populer Global)

Data Populer
Lihat Semua