10 Kota Paling Layak Huni di Indonesia 2022, Solo Juara

Demografi
1
Nabilah Muhamad 12/10/2023 19:42 WIB
10 Kota dengan Skor Indeks Layak Huni Tertinggi di Indonesia (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan laporan Ikatan Ahli Perencanaan (IAP), Solo adalah kota paling layak huni di Indonesia pada 2022. Kota di Jawa Tengah ini meraih skor Most Livable City Index (MLCI) sebesar 77,1 dari skala 100 poin.

Skor itu didasarkan pada survei persepsi warga terkait 28 indikator, mencakup fasilitas kesehatan, ketahanan pangan, transportasi, keamanan, pengelolaan sampah, sampai pelayanan pemerintah di masing-masing kota.

Adapun Solo dinilai unggul terutama di indeks fasilitas kesehatan, fasilitas peribadatan, ketahanan pangan, energi, hingga jaringan komunikasi.

"Kota Solo fokus pada peningkatan ketersediaan RTH (Ruang Terbuka Hijau), taman-taman kota dan jalur pejalan kaki, yang dibarengi dengan program revitalisasi kawasan kumuh sebagai respons dalam menciptakan ruang kota yang lebih sehat," tulis IAP dalam laporannya.

Di urutan kedua, ada Yogyakarta dengan perolehan skor 75,3 poin. Kota ini meraih skor tinggi pada indeks energi, fasilitas peribadatan, jaringan telekomunikasi, penyediaan air bersih, serta kebersihan kota.

Kemudian Cirebon masuk peringkat ketiga dengan skor 74,4 poin, diikuti Magelang 73,5 poin, dan Semarang 73,3 poin.

Kota Kediri, Mataram, Pangkal Pinang, Samarinda, dan Banjarmasin juga masuk jajaran top 10, seperti terlihat pada grafik.

Survei IAP ini melibatkan lebih dari 20 ribu responden dari 52 kota yang tersebar di 32 provinsi Indonesia. Responden dipilih secara acak, tingkat toleransi kesalahan (margin of error) survei 5%, dan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca juga: 10 Kota Paling Berkelanjutan di Indonesia, Kediri Juara)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua