Jet hingga Kapal Yacht, Ini Aset Mewah Orang Ultra Kaya Dunia 2022

Demografi
1
Erlina F. Santika 11/10/2023 16:57 WIB
Aset Mewah Orang Ultra Kaya/UHNW Dunia (2022)*
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Altrata menghitung sejumlah koleksi mewah yang dimiliki orang ultra kaya dunia pada 2022.

Ultra kaya atau ultra high net worth (UHNW) merupakan individu dengan kekayaan lebih dari US$30 juta atau Rp4,72 triliun (asumsi kurs Rp15.745 per US$).

Altrata merinci kepemilikan barang itu berdasarkan golongan orang ultra kaya. Orang ultra kaya dari jajaran eksekutif perusahaan paling banyak membeli barang, baik dari jet pribadi, kapal yacht atau pesiar, karya seni, hingga mobil dan kendaraan mewah lainnya.

Untuk pesawat atau jet pribadi lebih banyak dimiliki oleh UHNW dari eksekutif perusahaan, yakni 62 orang per 100 UHNW pemilik jet pribadi. Sementara UHNW entrepreneur atau wirausaha yang memiliki barang ini sebanyak 25 orang.

Sementara ultra kaya dari pewaris tunggal yang memiliki jet pribadi hanya 7 UHNW. Lainnya hanya 6 UHNW.

Barang selanjutnya, kapal yacht, paling banyak dimiliki oleh 45 UHNW eksekutif perusahaan. Sementara kepemilikan yacht dari orang ultra kaya wirausaha mencapai 40 orang, disusul pewaris tunggal sebanyak 5 UHNW dan lainnya 10 UHNW.

Altrata menyebut, jet pribadi dan yacht yang dihitung memiliki nilai US$5 juta. Namun sebagai catatan, kepemilikan jet memang bisa penuh dimiliki orang tersebut atau pecahan (terbagi) dengan orang lain.

(Baca juga: 10 Negara Tempat Bersemayamnya Orang Ultra Kaya Dunia 2022)

Untuk koleksi barang seni senilai minimal US$5 juta, paling banyak dimiliki oleh orang ultra kaya wirausaha, sebanyak 42 per 100 UHNW kolektor seni. Disusul UHNW eksekutif perusahaan sebanyak 38 UHNW, pewaris tunggal 8 UHNW, lainnya 12 UHNW.

Barang terakhir, mobil dan kendaraan mewah lainnya yang senilai minimal US$200 ribu, paling banyak dimiliki oleh orang ultra kaya wirausaha, sebanyak 48 per 100 UHNW pemilik kendaraan mewah. Disusul wirausaha 31 UHNW, pewaris tunggal 6 UHNW, dan lainnya 15 UHNW.

Altrata menyebut, eksekutif perusahaan merupakan kelompok terbesar dalam UHNW ini. Maka tak heran jika mereka cenderung menjadi pemilik paling banyak atas aset mewah tersebut.

"Hal ini terutama terjadi pada jet pribadi, yang sering kali memiliki fungsi ganda untuk bisnis dan liburan, dengan jumlah eksekutif sebanyak 62 dari setiap 100 pemilik jet UHNW," tulis Altrata dalam laporan World Ultra Wealth Report 2023.

Namun yang menjadi sorotan lain bagi Altrata, meskipun ada kelompok yang lebih kecil dalam kepemilikan barang mewah tersebut, biasanya peran mereka tetap penting dan rata-rata kekayaannya begitu besar sehingga kuat memboyong barang-barang mahal.

"Di kalangan kolektor seni, pewaris tunggal juga berperan kecil namun penting," kata Altrata.

Selain itu terlepas dari kepemilikan utama, mitra, dan lainnya, anggota keluarga selalu terlibat dalam pengambilan keputusan pembelian barang kelas atas. "Dan ini harus dimasukkan ke dalam strategi pemasaran penyedia barang mewah," kata Altrata.

(Baca juga: Mayoritas Orang Ultra Kaya Dunia Raup Kekayaan dari Usaha Mandiri 2022)

Data Populer
Lihat Semua