Ini Harta Syahrul Yasin Limpo, Menteri yang “Hilang” Usai Jadi Tersangka KPK

Politik
1
Cindy Mutia Annur 04/10/2023 14:04 WIB
Daftar Kekayaan Syahrul Yasin Limpo Berdasarkan LHKPN (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menjadi tersangka kasus dugaan korupsi.

"Bahwa dia (Syahrul Yasin Limpo) sudah tersangka? Ya, saya sudah dapat informasinya. Malah kalau eksposnya itu sudah lama tahu tersangkanya. Tapi, resminya tersangkanya itu (belum diumumkan KPK), sudah dikeluarkanlah," kata Mahfud, dilansir CNN Indonesia, Rabu (4/10/2023).

Syahrul Yasin Limpo "Menghilang"

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah rumah dinas Syahrul Yasin Limpo pada 28-29 September 2023.

Di situ KPK menemukan uang tunai Rp30 miliar dan 12 pucuk senjata api. Namun, KPK belum menjelaskan secara rinci tentang perkara apa yang melibatkan politikus Partai Nasdem ini.

Saat KPK menggeledah rumah dinasnya, Syahrul Yasin Limpo sedang melakukan kunjungan kerja di luar negeri. Sejak saat itu, keberadaannya belum diketahui lagi sampai sekarang.

"Kami terus mencari keberadaan Pak Menteri (Syahrul Yasin Limpo), karena memang sampai detik ini kita belum ada kabar mengenai keberadaan Pak Menteri," kata Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi, dilansir Kompas.com, Selasa (3/10/2023).

Harvick mengatakan, informasi yang terakhir diterimanya Mentan sedang berada di Spanyol dalam kunjungan kerja bersama sejumlah pejabat eselon Kementan. Namun, menurut Harvick, akhirnya rombongan ini terpisah.

Dalam kesempatan lain, Bendahara Umum Partai Nasdem Ahmad Sahroni memastikan bahwa Syahrul Yasin Limpo bakal kembali ke Indonesia, sesuai perintah Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Menurut Sahroni, saat ini Syahrul sedang menjalani perawatan kesehatan di suatu tempat karena menderita sakit prostat. Wakil Ketua Komisi III DPR ini juga membantah Syahrul melarikan diri dari perkara yang tengah diusut KPK.

"Mentan tidak lari dari perkara yang dihadapi, tapi Mentan juga manusia biasa yang memiliki keterbatasan fisik yang sudah menjelang tua. Jadi, kita pastikan Pak Mentan kembali ke Tanah Air, 5 Oktober," ujar Sahroni.

Berapa Banyak Hartanya?

Berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Syahrul Yasin Limpo memiliki kekayaan sebesar Rp20,05 miliar pada 2022. Jumlah tersebut ia laporkan pada 31 Januari 2023.

Mayoritas hartanya berupa lahan dan bangunan dengan nilai total Rp11,31 miliar. Harta tak bergerak itu tersebar di Kota Gowa dan Kota Makassar.

Kemudian Syahrul Yasin Limpo memiliki enam mobil, di antaranya bermerek Toyota Alphard dan Mercedes Benz, serta satu motor Harley Davidson dengan nilai total Rp1,47 miliar.

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) ini juga memiliki harta bergerak lain Rp1,14 miliar, serta kas dan setara kas senilai Rp6,11 miliar. Dalam laporan harta kekayaannya, ia tak tercatat memiliki utang.

Adapun kekayaan Syahrul Yasin Limpo di data LHKPN sudah meningkat Rp1,09 miliar dalam empat tahun terakhir, sejak awal ia menjabat sebagai Mentan pada 2019.

(Baca: Pegang Banyak Jabatan, Kekayaan Luhut Naik Rp220 Miliar dalam 3 Tahun)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua