Survei SMRC: Ganjar Moncer di Jawa Timur, Anies Makin Tertinggal

Politik
1
Nabilah Muhamad 29/09/2023 12:29 WIB
Elektabilitas Bakal Calon Presiden di Jawa Timur Versi SMRC (September 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) melakukan simulasi pemilihan presiden tertutup di Jawa Timur terhadap tiga kandidat bakal calon presiden (capres) yaitu Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. 

Hasilnya, Ganjar meraih suara tertinggi di Jawa Timur dengan raihan 44% suara dari total responden.

Di bawahnya, ada Prabowo dengan elektabilitas sebesar 23% dan disusul Anies yang meraih 14,2% suara.

"Sisanya 18,8% menyatakan belum tahu akan milih siapa," kata pendiri SMRC Saiful Mujani dalam paparan surveinya secara daring, Kamis (29/9/2023). 

Dalam riwayat survei telepon nasional yang sebelumnya SMRC lakukan, tingkat keterpilihan Anies berada di kisaran 16-17%. 

"Kalau dilihat dari ini, tampaknya suara Anies ini tidak banyak berbeda dengan suara Anies di tingkat nasional, bahkan lebih rendah cenderung ya," tutur Saiful. 

Sementara, deklarasi Anies dengan bakal calon wakil presidennya yaitu Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin tak membuat suaranya menguat di Jawa Timur. 

"Artinya di Jawa Timur di mana deklarasi itu (Anies-Cak Imin) terjadi, tidak membuat Anies Baswedan menjadi menguat untuk sementara ini," jelasnya. 

Adapun survei nasional yang digelar SMRC ini melibatkan 150 responden yang berada di Jawa Timur. Sampel dipilih secara acak atau multi stage random sampling.

Pengambilan data dilakukan pada 2-11 September 2023 melalui wawancara tatap muka (face to face) oleh pewawancara terlatih. Survei ini memiliki toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 8,2% dan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca juga: Ganjar Jadi Bacapres Favorit dari Pemilih Perempuan Menurut Litbang Kompas)

Data Populer
Lihat Semua