Survei: Elektabilitas Prabowo Unggul di NU, Anies Unggul di Muhammadiyah

Politik
1
Cindy Mutia Annur 20/09/2023 16:10 WIB
Elektabilitas Tiga Bakal Capres di Berbagai Kelompok Responden menurut LSI Denny JA (Agustus 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut hasil survei LSI Denny JA, Prabowo Subianto merupakan bakal calon presiden (capres) dengan elektabilitas paling unggul di kalangan Nahdlatul Ulama (NU).

Responden warga NU yang memilih Prabowo mencapai 36,2%, lalu yang memilih Ganjar Pranowo 35,5%, dan Anies Baswedan 17,9%.

"Di (kalangan responden) NU, Prabowo bersaing dengan Pak Ganjar, meskipun unggul tipis. (Elektabilitas) Prabowo dibanding Ganjar hanya selisih sekitar 0,7% saja di NU,” kata Peneliti LSI Denny JA Ardian Sopa dalam konferensi pers online, Selasa (19/9/2023).

Di sisi lain, Anies Baswedan memiliki elektabilitas paling tinggi di kalangan responden Muhammadiyah dengan perolehan suara 45,2%, sedangkan Ganjar 33%, dan Prabowo 20,8%.

"Di (kalangan responden) Muhammadiyah, Pak Anies yang unggul dibandingkan Ganjar maupun Prabowo," kata Ardian.

Survei itu juga menunjukkan, mayoritas pemilih dari kalangan ormas Islam lain memilih Prabowo, yaitu sebanyak 29,8%. Kemudian yang memilih Anies 19,9%, dan Ganjar 14,5%.

Dari kalangan non-ormas Islam, Prabowo juga memiliki elektabilitas tertinggi dengan raihan suara 43,1%, diikuti Ganjar 35,8%, dan Anies 18,2%.

Survei LSI Denny JA ini dilakukan pada 1-8 Agustus 2023 terhadap 1.200 responden di Indonesia. Sampel survei dipilih menggunakan metode multi-stage random sampling.

Pengambilan data dilakukan menggunakan metode wawancara tatap muka dengan kuesioner. Survei ini memiliki toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2,9% dan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Survei LSI Denny JA: Prabowo Paling Disukai di Kalangan NU dan Muhammadiyah)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua