Survei Kurious: Prabowo Jadi Tokoh yang Dinilai Paling Mewakili Indonesia di Forum Internasional

Politik
1
Cindy Mutia Annur 07/09/2023 15:44 WIB
10 Tokoh yang Dinilai Paling Mewakili Indonesia di Forum Internasional (Agustus 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan survei Kurious-Katadata Insight Center (KIC), Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dinilai sebagai tokoh yang paling mampu mewakili Indonesia dalam forum internasional

Tercatat, sebanyak 43,5% responden menilai bahwa Prabowo bisa mewakili Indonesia di forum global. Angka ini cukup jauh di atas sejumlah tokoh lainnya.

Misalnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dipilih oleh 30% responden dan mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dipilih 29% responden.

Kemudian, proporsi responden yang memilih mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebesar 26,7%, lalu diikuti Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD (20%), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno (16,7%), dan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (16,5%).

(Baca: Prabowo, Anies, dan Ganjar: Siapa yang Paling Dikenal dan Disukai Warga RI?)

Di sisi lain, responden yang memilih Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memiliki proporsi lebih rendah seperti terlihat pada grafik di atas.

Survei Kurious-KIC ini dilakukan terhadap 933 responden yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, dengan proporsi 51,2% responden perempuan dan 48,8% responden laki-laki.

Mayoritas responden berasal dari Pulau Jawa selain Jakarta, yakni 62,1%, diikuti responden dari DKI Jakarta (15%) dan Pulau Sumatra (13,3%). Sementara, proporsi responden yang berasal dari Sulawesi, Kalimantan, Bali-Nusa, dan Maluku-Papua berada di rentang 0,2-3,5%.

Sebagian besar responden berasal dari kelompok usia antara 25-34 tahun (36,3%), disusul kelompok 35-44 tahun (28,9%) dan kelompok 45-54 tahun (16,9%).

Pengumpulan data dilakukan pada 22-29 Agustus 2023 menggunakan metode computer-assisted web interviewing (CAWI), dengan toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 3,2% dan tingkat kepercayaan 95%.

Adapun selama ini Indonesia berperan cukup aktif dalam sejumlah organisasi internasional seperti ASEAN, G20, hingga PBB serta berbagai forum internasional.

Teranyar, Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43. Pertemuan konferensi yang mengusung tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth ini bakal digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta pada 5-7 September 2023. Ini merupakan keenam kalinya Indonesia menjadi tuan rumah KTT ASEAN.

(Baca: Apa Isu yang Paling Mendesak untuk Diselesaikan dalam KTT ASEAN 2023? Ini Surveinya)

Editor : Padjar Iswara
Data Populer
Lihat Semua