Prabowo, Anies, dan Ganjar: Siapa yang Paling Dikenal dan Disukai Warga RI?

Politik
1
Erlina F. Santika 04/09/2023 15:34 WIB
Tingkat Awareness/Kedikenalan dan Kedisukaan Tokoh Politik Versi LSI (Agustus 2023)*
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Terdapat sejumlah nama yang kerap masuk dalam bursa bakal calon presiden (bacapres)-bakal calon wakil presiden (bacawapres) untuk Pilpres 2024. Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyurvei tingkat kedikenalan (awareness) dan kedisukaan responden terhadap tokoh politik tersebut.

Setidaknya tiga nama teratas diisi oleh bacapres terkuat, yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. Dari ketiga nama tersebut, Prabowo mendapat awareness tertinggi dari responden, yakni 97,4%.

Dari responden yang mengetahui Prabowo, 88,2% di antaranya menyukai Ketua Umum Gerindra itu.

Sementara awareness tertinggi kedua adalah Anies Baswedan, dengan proporsi 88,4%. Dari responden yang mengetahui Anies, sebanyak 75,6% mengaku suka.

Sementara posisi ketiga dengan awareness tertinggi diisi oleh Ganjar Pranowo, sebesar 88,1%. Tingkat kedisukaan Ganjar cukup tinggi ketimbang Anies, yakni 84,7%.

Di luar tiga bacapres itu, terdapat Sandiaga Salajuddin Uno dengan tingkat awareness sebesar 79,4%. Dari responden yang mengetahui Sandi, 88,7% di antaranya mengaku suka.

Sementara kelima terdapat Ridwan Kamil, yang dikenal oleh 72,8% responden. Dari proporsi tersebut, 88,1% mengaku suka.

LSI juga menghimpun tokoh politik tenar lainnya seperti Gibran Rakabuming, Puan Maharani, Erick Thohir, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hingga Andika Perkasa, seperti terlihat pada grafik.

Survei LSI dilakukan pada 3-9 Agustus 2023 melalui wawancara tatap muka, dengan melibatkan 1.220 orang responden dari seluruh Indonesia. Seluruh responden berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Tingkat kesalahan (margin of error) survei sekira 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

(Baca juga: AHY 'Ditendang' Anies, Apa Pantas Mendampingi Prabowo Subianto? Ini Hasil Surveinya)

Data Populer
Lihat Semua