7 Merek Suplemen Kesehatan dengan Pangsa Pasar Terbesar di E-Commerce, Blackmores Teratas

Produk Konsumen
1
Nabilah Muhamad 05/09/2023 19:37 WIB
7 Merek Suplemen Kesehatan dengan Pangsa Pasar/Market Share Terbesar di E-Commerce (1-15 Juni 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Compas, lembaga riset pasar dari Indonesia, menghitung pangsa pasar atau market share dari 7 top brand suplemen kesehatan di Indonesia yang dijual melalui e-commerce. Ketujuh merek suplemen kesehatan tersebut antara lain Blackmores, NOW, Vitabiotics, Wellness, Prove D3, Nature's Plus, dan Interlac. 

 

Compas menemukan bahwa Blackmorse jadi merek suplemen kesehatan yang memiliki pangsa pasar terbesar pada Juni 2023 yakni mencapai 19,29%. Merek asal Australia ini telah membukukan 22,6 ribu penjualan pada periode tersebut.

"Keberhasilan ini dapat diatribusikan pada fokus mereka pada kualitas produk dan strategi pemasaran yang efektif," tulis tim riset Compas dalam laporannya.

Kedua ditempati oleh NOW yang meraih 3,31% pangsa pasar di kategori suplemen kesehatan, yang juga telah menjual sebanyak 2,8 ribu produk.

Ketiga, Vitabiotics dengan pangsa pasar 2,22% yang berhasil menjual 1,6 produk suplemen kesehatan di e-commerce.  

"Brand ini telah berhasil membangun reputasi sebagai penyedia suplemen kesehatan berkualitas tinggi yang dapat diandalkan oleh konsumen," papar tim riset Compas. 

Sementara, Wellness berada di peringkat keempat dengan porsi pangsa pasar sebesar 1,90%. Suplemen kesehatan asal Amerika Serikat ini telah menjual 1,3 ribu produk. Sisanya, terlampir pada grafik.

Riset ini menggunakan metode penelusuran digital (online crawling) terhadap ketujuh merek tersebut. Tim riset menggunakan filter top brand, filter periode waktu tertentu, filter merchant, filter subkategori produk, dan filter seller type yang ada di Compas Dashboard. 

Penelusuran data tersebut juga menghitung penjualan produk suplemen kesehatan di toko-toko resmi atau official store di Tokopedia dan Shopee, selama periode 1-15 Juni 2023 hingga terhimpun 10.925 produk.

(Baca juga: Survei: Mayoritas Masyarakat Indonesia Konsumsi Vitamin C saat Ramadan)

Data Populer
Lihat Semua