Ini Program Afiliasi di E-Commerce yang Dinilai Beri Komisi Paling Menguntungkan

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Nabilah Muhamad 04/08/2023 19:46 WIB
Persentase Program Afiliasi dengan Komisi Paling Menguntungkan di E-Commerce (Juli 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Affiliate program atau program afiliasi merupakan kegiatan yang secara tidak langsung menghubungkan calon pembeli dengan produk melalui link refferal khusus.

Program ini umum digunakan e-commerce untuk menggandeng masyarakat agar ikut mempromosikan produk dengan pemberian imbalan atau komisi. 

Snapcart, sebuah aplikasi online untuk riset pasar, melakukan riset bertajuk Potensi Program Afiliasi dalam Peta Persaingan e-Commerce. 

Salah satu fokus surveinya untuk melihat program afiliasi di e-commerce yang memiliki komisi paling menguntungkan.

Hasilnya, Shopee Affiliate Program dinobatkan sebagai program afiliasi yang dinilai memberikan komisi paling menguntungkan. Ini dinyatakan oleh mayoritas 68% responden. 

Melansir dari laman Shoppe Affiliate Program, e-commerce ini menawarkan komisi tetap hingga 5% bagi para afiliatornya.

Adapun TikTok Affiliate Program yang berada di peringkat kedua paling menguntungkan menurut 17% responden.

Meskipun begitu, e-commerce ini menawarkan komisi yang lebih tinggi dari Shopee yaitu sebesar 5-10% bagi semua pengguna.

Kemudian Tokopedia Affiliate Program dan Lazada Affiliate Program mengikuti di peringkat berikutnya dengan persentase masing-masing sebesar 12% dan 2%.

Direktur Snapcart Indonesia Astrid Williadry mengungkapkan, program afiliasi menjadi strategi yang ampuh bagi para pemain e-commerce karena mampu meningkatkan lalu lintas kunjungan ke platform mereka. 

"Dampaknya, tidak hanya membantu para pelaku bisnis meningkatkan penjualan dan jangkauan pasar yang lebih luas, tapi juga turut melahirkan tren dan profesi-profesi baru yang memonetisasi digital," kata Astrid melalui laporannya. 

Survei ini dilakukan terhadap 500 responden yang pernah mendapatkan komisi dari program afiliasi di e-commerce. Responden tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. 

Koleksi data dilakukan pada Juli 2023 pada responden dengan rentang usia 19-35 tahun ke atas.

(Baca juga: Tren Pengunjung E-Commerce Semester I 2023, Shopee Kokoh di Puncak)

Data Populer
Lihat Semua