Ini Layanan Ekspedisi yang Banyak Digunakan Penjual E-Commerce Lokal

Teknologi & Telekomunikasi
1
Nabilah Muhamad 03/08/2023 13:20 WIB
Layanan Ekspedisi yang Digunakan Responden Penjual E-Commerce Indonesia (Juni 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pemilihan layanan ekspedisi adalah hal krusial bagi para pedagang online, karena bisa memengaruhi kepuasan pelanggan dan efektivitas operasional mereka.

Lantas, layanan ekspedisi apa yang paling banyak digunakan penjual e-commerce di Indonesia?

Berdasarkan laporan survei Populix, mayoritas atau 58% penjual e-commerce lokal menggunakan layanan ekspedisi J&T Express. 

"J&T Express menjadi layanan ekspedisi yang paling banyak dipilih karena reputasinya dalam pengiriman paket yang cepat," tulis Populix dalam laporan Indonesia Outlook on the Logistic Delivery Services edisi Juni 2023.

Di urutan berikutnya ada JNE, yang dipilih oleh 45% responden penjual e-commerce. Sebagian besar responden yang memilih JNE menilai pengiriman paket JNE cepat dan dapat menjangkau berbagai lokasi.

Adapun Shopee Xpress dipilih oleh 28% responden dan Sicepat 27%. Sementara, Tiki yang sudah bermain di bisnis ekspedisi sejak 1970, hanya dipilih oleh 7% responden penjual e-commerce.

Survei yang dilakukan Populix ini melibatkan 1.577 responden, yang kemudian dikerucutkan menjadi 322 responden dengan status penjual e-commerce.

Mayoritas responden berada di Pulau Jawa (76%), diikuti Pulau Sumatra (15%), dan pulau-pulau lainnya (19%). Responden didominasi oleh kelompok usia 18-25 tahun (41%), dan usia 26-35 tahun (39%).

(Baca juga: Ini Produk yang Banyak Dibeli Konsumen Indonesia Lewat Media Sosial)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua