Mayoritas Perusahaan Fintech Indonesia Pakai Layanan Data Center Alibaba Cloud

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 02/08/2023 19:30 WIB
Penyedia Layanan Data Center yang Digunakan Perusahaan Fintech Indonesia (Kuartal II-2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan laporan survei Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech), mayoritas atau 56% responden perusahaan fintech di dalam negeri memercayakan urusan manajemen data mereka kepada pihak ketiga.

Sementara, 44% responden perusahaan fintech sisanya memiliki pusat data atau data center sendiri.

Dari kelompok yang bekerja sama dengan pihak ketiga, mayoritasnya menggunakan layanan data center Alibaba Cloud, dengan proporsi mencapai 28,6%.

Selain Alibaba Cloud, layanan data center yang banyak digunakan perusahaan fintech Indonesia adalah Amazon Web Service (14,3%), Indo Internet (11,9%), Lintasarta (7,1%), Telkom Sigma (7,1%), Google Cloud (4,8%), GWS Cloud (2,4%), dan lain-lainnya (23,8%).

Survei itu juga menunjukkan, sebanyak 77,3% responden tidak pernah mengganti layanan data center yang mereka gunakan. Kemudian 92,9% data center pihak ketiga berada di Jabodetabek.

Aftech melakukan survei ini bersama Katadata Insight Center (KIC), dengan melibatkan 75 responden perwakilan perusahaan anggota Aftech. Survei dilakukan pada kuartal II-2023 melalui kuesioner online.

Mayoritas perusahaan yang terlibat dalam survei berlokasi di Jabodetabek (92%), diikuti Yogyakarta dan Surabaya (1,3%). Dari segi jumlah karyawan, mayoritas perusahaan memiliki kurang dari 50 karyawan (50,6%), diikuti 51-100 karyawan (24%).

(Baca: Layanan Cloud Bisa Pangkas Biaya Operasional IT? Ini Surveinya)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua