Kucing Jadi Hewan Peliharaan Warga RI Terbanyak Menurut Rakuten Insight

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Erlina F. Santika 24/07/2023 15:51 WIB
Proporsi Responden Indonesia yang Memelihara Hewan (2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan hasil survei lembaga riset Rakuten Insight Global, kucing jadi hewan yang paling banyak dipelihara responden Indonesia pada 2021. Proporsinya menyentuh 47% dari seluruh responden Indonesia.

Angka peliharaan kucing tersebut mengalahkan responden negara lain di kawasan Asia, seperti Filipina sebesar 43% dan Thailand sebanyak 42% dari total responden masing-masing negara.

Hewan terbanyak kedua adalah burung yang dipelihara oleh 18% responden. Angka ini juga paling tinggi untuk kepemilikan sejenis dibandingkan responden negara lainnya.

Setelahnya disusul ikan mas dan ikan hias dengan proporsi yang sama, yakni 11%.

Anjing menduduki peringkat kelima yang dipelihara oleh 10% responden. Kemudian ada kelinci sebesar 5%.

Dari seluruh responden Indonesia yang disurvei, sebanyak 28% mengaku tidak memelihara hewan sama sekali, seperti terlihat pada grafik.

Secara umum, Rakuten Insight menyebut lebih dari separuh atau 59% responden memelihara hewan di rumahnya, meski dengan perbedaan yang cukup mencolok.

Jika di Indonesia lebih banyak responden memelihara kucing, beda halnya dengan Filipina yang lebih banyak memelihara anjing dengan proporsi 67%, menjadi yang paling tinggi di antara negara yang disurvei. Vietnam menyusul setelahnya dengan kepemilikan anjing sebanyak 53% dari total responden negaranya.

Survei ini melibatkan 97 ribu responden dari Tiongkok, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Taiwan, dan Vietnam.

Data dikoleksi pada Januari 2021 dengan metode online dari panel khusus Rakuten Insight.

(Baca juga: Hewan Peliharaan Terkaya di Dunia, Hartanya Triliunan Rupiah)

Data Populer
Lihat Semua