AHY Cocok Dipertimbangkan Jadi Menteri Menggantikan Johnny Plate? Ini Pandangan Warga

Politik
1
Cindy Mutia Annur 14/07/2023 15:59 WIB
Persepsi Responden Terkait Agus Harimurti Yudhoyono/AHY Masuk ke dalam Jajaran Menteri (Juni 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Sejumlah menteri di era pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) menjadi tersangka kasus korupsi. Teranyar, eks Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate  resmi menjadi tersangka kasus dugaan korupsi proyek Base Transceiver Station (BTS) BAKTI Kemenkominfo.

Sempat beredar rumor bahwa Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dipertimbangkan masuk ke dalam pemerintahan Jokowi untuk menggantikan menteri-menteri tersebut.

Lantas, bagaimana persepsi publik terkait AHY yang dipertimbangan ke dalam jajaran menteri?

Berdasarkan hasil survei Kurious-Katadata Insight Center (KIC), sebanyak 38,4% responden menilai AHY akan dipertimbangkan  ke dalam jajaran menteri. Rinciannya, 32,3% responden menilai AHY akan dipertimbangkan, lalu 6,1% responden menilai AHY sangat akan dipertimbangkan.

Dengan jarak sangat tipis, ada 38,6% responden yang menilai AHY tidak akan dipertimbangkan ke dalam jajaran menteri. Secara rinci, 22,5% responden menilai AHY tidak akan dipertimbangkan, sedangkan 16,1% responden menilai AHY sangat tidak akan dipertimbangkan.

Di sisi lain, ada 23% responden yang mengatakan tidak tahu terkait persepsi AHY yang masuk ke dalam jajaran menteri.

Survei Kurious-KIC ini dilakukan terhadap 734 responden yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, dengan proporsi responden laki-laki 47,3% dan perempuan 52,7%.

Lebih dari separuh responden berada di Pulau Jawa selain Jakarta (63,2%), kemudian di Jakarta (14,4%), dan Pulau Sumatra (12,1%). Proporsi responden yang berasal dari Kalimantan, Sulawesi, Bali-Nusa Tenggara, dan Maluku-Papua di rentang 0,8%-3,4%.

Sebagian besar responden berusia antara 35-44 tahun (33,1%), diikuti kelompok 25-34 tahun (31,6%) dan kelompok 45-54 tahun (20,2%).

Survei dilakukan pada 26 Juni-3 Juli 2023 menggunakan metode computer-assisted web interviewing (CAWI), dengan toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 3,61% dan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Selain Johnny G Plate, Ini Menteri-menteri Era Jokowi yang Terjerat Kasus Korupsi)

Data Populer
Lihat Semua