Survei LSI: Potensial Menangkan Anies, Elektabilitas AHY sebagai Cawapres Ungguli Puan

Politik
1
Annissa Mutia 30/11/2022 14:00 WIB
Elektabilitas Calon Wakil Presiden LSI (29 November 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei Lembaga Survei Independen (LSI) mengungkap sosok Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai calon wakil presiden (cawapres) yang paling berpotensi memenangkan Anies Baswedan pada Pemilu 2024.

"Ketua Umum Partai Demokrat AHY mendapatkan 26,4 persen survei elektabilitas sebagai cawapres, dan di posisi kedua ditempati oleh Puan Maharani dengan 16,2 persen elektabilitas calon wakil Presiden," jelas Direktur Riset LSI Fathur Rahman, (29/11/2022), seperti dilansir Antara.

Berdasarkan survei, sosok AHY menjadi pasangan Anies yang dapat mendorong kemenangan pada Pilpres 2024. Fathur menjelaskan posisi calon wakil presiden paling mumpuni dan berpotensi membawa kemenangan, tentu dengan cawapres yang memiliki elektabilitas tertinggi pula.

"Saat ini, pada survei elektabilitas Anies Baswedan memperoleh hasil survei tertinggi dengan elektabilitas 19,6 persen, disusul oleh Prabowo Subianto di posisi kedua dengan 18,1 persen dan pada posisi ketiga ditempati oleh Ganjar Pranowo 13,2 persen," ucapnya.

Survei itu mengambil populasi warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, pada 34 provinsi di Indonesia.

Dari populasi itu dipilih secara acak sebanyak 1.500 responden, dengan margin of error 3,05 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Dalam survei itu, LSI melakukan metode wawancara melalui jaringan selular pada 18 hingga 28 November 2022.

(baca: SMRC: Elektabilitas Ganjar Pranowo Kembali Ungguli Prabowo Subianto dan Anies Baswedan)

 

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua