Belum Semua Warga RI Dapat Akses Internet dan Sinyal Selular di Dekat Rumahnya, Terutama Wilayah 3T

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 11/07/2023 19:30 WIB
Proporsi Persepsi Terhadap Akses Internet/Sinyal Telepon Seluler Wilayah 3T dan Non-3T (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Masyarakat Indonesia yang mendapatkan sinyal telepon seluler atau internet di sekitar lokasi rumahnya belum merata. Apalagi bagi masyarakat yang tinggal di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Hal ini berdasarkan temuan dari laporan survei kolaborasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Katadata Insight Center (KIC) bertajuk Status Literasi Digital di Indonesia 2022.

Menurut laporan tersebut,  sebanyak 88% responden yang berada di wilayah 3T telah mendapatkan sinyal telepon seluler di sekitar rumah mereka. Hal ini sama halnya dengan masyarakat di wilayah non-3T, di mana mayoritas mengatakan hal sama, namun dengan proporsi responden lebih besar yaitu 94%.

 “Sementara sekitar 12% responden (wilayah 3T) mengaku belum mendapatkan sinyal telepon dengan sebagian besar responden berasal dari Kabupaten Timor Tengah Selatan,” kata Kementerian Kominfo dan KIC.

Di sisi lain, responden wilayah non-3T yang mengaku belum mendapatkan sinyal telepon lebih sedikit proporsinya yaitu hanya 6%.

Survei Kementerian Kominfo-KIC juga menemukan, mayoritas responden di wilayah 3T dan non-3T mengakses internet dengan menggunakan kuota handphone

“Hal ini memungkinkan responden untuk mengakses internet di mana saja responden berada. Namun, kendala masih dirasakan oleh seluruh responden di wilayah 3T, terutama terkait jaringan yang tidak stabil,” ujar Kementerian Kominfo dalam laporannya.

Kementerian Kominfo dan KIC melakukan survei ini terhadap 10.000 pengguna internet berusia 13-70 tahun yang tersebar di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota Indonesia. Sebagai catatan, proporsi responden laki-laki sebanyak 51%, sedangkan perempuan 49%.

Survei dilaksanakan selama periode Agustus-September 2022 melalui wawancara tatap muka. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling, dengan toleransi kesalahan sekitar 0,98% dan interval kepercayaan 95%.

Responden memiliki beragam latar belakang dari ibu rumah tangga, wiraswasta, pekerja, pelajar, petani, dan lain-lainnya. Laporan lengkap mengenai survei ini dapat diakses dan diunduh melalui tautan https://survei.literasidigital.id/.

(Baca juga: Sebaran BTS di Daerah 3T Indonesia, Mayoritas Jaringan Telkomsel)

Data Populer
Lihat Semua